Air Terjun Madakaripura Siap Dibuka Kembali Setelah Empat Bulan Ditutup

235

Lumbang (WartaBromo.com) – Setelah ditutup selama empat bulan, destinasi wisata Air Terjun Madakaripura di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, akan segera dibuka kembali. Usai instansi terkait menyurvei jalur alternatif.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Probolinggo, Bambang Hari Wahjudi, menyatakan bahwa setelah 2 minggu terakhir cuaca di daerah Madakaripura telah cerah.

“Menunjukkan aspek keamanan untuk dibukanya kembali destinasi ini. Pelaku wisata sudah menyiapakan jalur alternatif,” ujarnya, Senin (13/5/2024).

Yudi, begitu ia disapa, penyebut pihaknya bersama Pemerintah Desa Negororejo, Perhutani, Polsek Lumbang, Koramil Lumbang, Tour Guide Madakaripura, dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), telah menyurvei jalur alternatif untuk memastikan keselamatan pengunjung.

Baca Juga :   Koran Online 30 Juli : Kalimantan Resmi Jadi Lokasi Ibukota Baru, hingga Warga Lumajang Ramai-ramai Ungsikan Motor ke Probolinggo

Jalur alternatif tersebut melalui jalur bawah atau jalur sungai, dengan pembangunan tangga untuk mengatasi ruas jalan setapak yang terputus. Ruas jalan setapak yang masih bisa dilalui, juga dibangun tangga dari arah sungai.

Selain itu, petunjuk arah yang jelas telah dipasang menggunakan cat semprot di batu-batu sekitar sungai. Menghilangkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

“Langkah-langkah ini diambil untuk memastikan pengalaman wisata yang aman dan nyaman bagi pengunjung,” ungkap

Ditutupnya Air Terjun Madakaripura sejak longsor pada 28 Januari lalu telah menyebabkan penantian panjang bagi para pengunjung yang menantikan kembalinya keindahan alam yang memukau ini.

Dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang baik antara pihak terkait, diharapkan pembukaan kembali destinasi ini akan menjadi berita baik bagi para pecinta alam dan wisatawan. (lai/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.