Jogging Track di Hutan Kota Kraksaan, Ruang Publik Sehat dan Ramah Lingkungan

475

Kraksaan (WartaBromo.com) – Kraksaan kini punya lintasan berlari kecil alias jogging track di hutan kota. Jogging track di selatan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan itu, dapat dimanfaatkan sebagai sarana olahraga publik.

Mempunyai panjang sekitar 1.200 meter, lintasan ini menawarkan pengalaman berlari yang menyegarkan. Warga dapat berlari kecil atau jalan cepat di antara rimbunnya pepohonan mahoni.

Jogging track ini, juga menawarkan lebih dari sekadar olahraga. Dengan adanya lapak UMKM yang menyediakan kuliner sehat berharga terjangkau. Pengunjung tidak perlu khawatir membawa bekal dari rumah.

Tempat duduk yang tersedia juga memungkinkan masyarakat untuk bersantai. Menikmati momen bersama keluarga. Sambil menikmati keindahan alam dan berfoto ria.

Baca Juga :   Bupati Probolinggo : Wartawan Jangan Hanya Kejar Viewer

Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, menyatakan komitmennya untuk terus mengembangkan Hutan Kota Kraksaan sebagai salah satu pusat ekonomi daerah.

Pembangunan di lokasi jogging track tersebut, kata dia, akan terus berlanjut. Termasuk hall dan tempat ibadah di tengah-tengah hutan yang tengah berlangsung.

Selain itu, pagar di bahu jalan itu akan segera dibongkar. Sehingga lokasi taman ini akan nampak lebih terbuka untuk publik.

Pembangunannya memanfaatkan dana tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan di Kabupaten Probolinggo. Kali ini yang digandeng PT POMI-Paiton Energy, salah satu perusahaan di PLTU Paiton.

“Semua bertahap, saat ini dari jogging track, UMKM, dan nanti lanjut pada pembongkaran pagar dan seterusnya. Agar Hutan Kota ini ramai dan banyak pengunjung,” tutur Ugas usai peresmian jogging track ini pada Senin (13/5/2024).

Baca Juga :   Polling : 79% Warganet Akui Ada Praktik Calo SIM

Sugiyanto, Presiden Direktur PT POMI-Paiton Energy, menegaskan dukungannya terhadap pembangunan ini. “Kita bersinergi untuk bersama-sama membangun Hutan Kota Kraksaan lebih baik,” ujarnya.

Pembangunan jogging track dengan bahan paving block juga memiliki manfaat tambahan dalam pengelolaan air dan estetika lingkungan. Dengan demikian, inisiatif ini tidak hanya menjadi sarana olahraga, tetapi juga kontribusi positif terhadap lingkungan dan ekonomi lokal.

Langkah ini, tidak hanya menawarkan kesempatan bagi warganya untuk hidup lebih sehat dan aktif, tetapi juga menciptakan ruang publik yang ramah lingkungan. Serta berdaya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Warga Kraksaan kini memiliki alasan baru untuk keluar dan menikmati udara segar di tengah kota, dengan pembukaan jogging track di Hutan Kota Kraksaan. (saw)