Kebakaran Kawasan Bromo di Tosari Berhasil Dipadamkan

66

Tosari (WartaBromo.com) – Petugas gabungan berhasil memadamkan kebakaran yang melanda kawasan Gunung Bromo di Dusun Kandang sari, Desa Mororejo, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Menurut Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani, api mulai terlihat pada hari Rabu (19/6/2024) sekitar pukul 17.30 WIB. Petugas gabungan yang berjumlah 20 orang dari Resort PTN Wilayah Gunung Penanjakan, Resort Coban Trisula, Resort Jabung, dan MPA Ngadas langsung dikerahkan untuk memadamkan api.

“Upaya pemadaman api dilakukan dengan menggunakan berbagai peralatan, seperti kendaraan roda 2, jet shooter, gepyog, dan sabit,” jelas Septi.

Hingga saat ini, petugas masih melakukan proses pendinginan di lokasi area terbakar dengan air dari jet shooter. Luas area terbakar masih dalam proses identifikasi oleh petugas.

Baca Juga :   Dekat Semeru, Wisata P-30 Aman Dikunjungi

Kebakaran tersebut juga mengakibatkan beberapa jenis tumbuhan terdampak. “Rumput merakan, alang-alang, akasia, dan cemara gunung,” terangnya.

Pihak TNBTS juga masih menganalisa penyebab dan luasan lahan yang terbakar. Data awal yang didapatkan kebakaran mencapai sekitar 8 hektar.

“Menganalisa dan mengidentifikasi luas area terbakar,” tuturnya. (don/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.