Kebakaran Gunung Batok Meluas, Petugas BPBD Probolinggo Berupaya Kendalikan Api

117

Sukapura (WartaBromo.com) – Kebakaran hutan yang melanda Gunung Batok di wilayah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, semakin meluas. Kini merambah ke sisi timur yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Moh Zubaiduloh, mengkonfirmasi bahwa api telah merambat masuk ke wilayah Probolinggo. “Api sudah mulai masuk ke wilayah Probolinggo dan berada di perbatasan,” ujarnya, Sabtu (22/6/2024).

Sejak kebakaran mulai terjadi pada pukul 10.00 WIB, api semakin mendekati kawasan Gunung Bromo. Untuk mengatasi situasi ini, BPBD Kabupaten Probolinggo telah menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi kebakaran guna melakukan pemantauan serta pemadaman.

“Api terus menjalar, sehingga kami berusaha membuat sekat pemutus agar api tidak menjalar lebih jauh ke sisi timur,” jelas Zubaiduloh.

Baca Juga :   Pipa Rusak Terdampak Kebakaran Arjuno Diperbaiki Warga hingga Santunan Kematian di Kota Pasuruan Kini Bisa Dipercepat | Koran Online 5 Okt

Upaya pemadaman dilakukan secara manual oleh tim TRC PB BPBD Kabupaten Probolinggo, menggunakan alat-alat sederhana seperti gepyok dan sabit. “Hingga saat ini, kebakaran masih belum dapat dipadamkan sepenuhnya,” tambahnya.

Sebelumnya, kebakaran Gunung Batok dilaporkan terjadi pada Sabtu (22/6/2024) sekitar pukul 10.00 WIB, tak lama setelah acara Yadnya Kasada selesai.

Hingga kini, petugas terus berupaya maksimal untuk mengendalikan api dan mencegah kebakaran meluas ke area yang lebih luas di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). (lai/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.