Ini 2 Jenis Kopi di Pasuruan yang Jadi Unggulan

71

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagian orang mungkin belum tahu macam-macam kopi di Pasuruan. Ada 2 jenis kopi di Pasuruan yang bahkan menjadi produk unggulan.

Dinukil dari disperta.pasuruankab.go.id, Bupati Pasuruan terus berupaya untuk mengembangkan komoditas kopi. Luas areal kopi di Kabupaten Pasuruan mencapai 4.964,01 Ha dengan produksi 2055,55 ton.

Areal kopi tersebut tersebar pada sentra pengembangan meliputi Kecamatan Purwodadi, Tutur, Puspo, Lumbang, Pasrepan, Purwosari, Prigen, dan Tosari.

Lantas, apa saja jenis kopi di Pasuruan?

1. Kopi Robusta

Kopi Robusta merupakan keturunan beberapa spesies kopi, terutama Coffea canephora. Jenis kopi ini tumbuh baik di ketinggian 400–700 m dpl.

Adapun temperatur 21-24 °C dengan bulan kering 3-4 bulan secara berturut-turut dan 3-4 kali hujan kiriman. Kualitas buah lebih rendah dari Arabika dan Liberika.

2. Kopi Arabika

Pesanan kopi arabika dari Pasuruan sebanyak 200 kilogram per bulan dikirim ke Malaysia. Bahkan, ada customer dari Amerika yang langsung survei ke lokasi untuk melakukan penjajakan dan kerja sama.

Selain permintaan yang masih tinggi, meningkatnya prospek bisnis kopi juga bisa dilihat dari makin banyaknya kafe yang menghadirkan kapiten (kopi asli kabupaten) Pasuruan di semua wilayah penghasil kopi maupun di pusat-pusat keramaian.

Bahkan, Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan memberikan fasilitasi pada petani kopi untuk mengikuti berbagai festival kopi. (jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.