Tak Melulu Buruk, Ternyata Ini Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik saat Tak Punya Uang

598

Pasuruan (wartabromo.com) – Kebanyakan orang pasti berprasangka buruk saat tak punya uang. Padahal, bisa jadi keadaan seperti itu memberi banyak pencerahan dan kebijaksanaan hidup.

Uang memang bagian penting dalam kehidupan. Meski pepatah mengatakan “uang bukan segalanya” tapi di dunia “segalanya butuh uang”. Maka, tak heran jika banyak yang setres dan putus asa ketika tak punya uang.

Sebagaimana di lansir dari berbagai sumber, berada dalam kondisi tak punya uang bukan berarti buruk. Ada beberapa pelajaran berharga yang bisa diambil, lho.

Apa saja?

1. Bisa Menumbuhkan Rasa Syukur

Krisis keuangan juga mengajarkan seseorang untuk pandai bersyukur terhadap nikmat yang diberikan Tuhan. Seperti bersyukur dengan hal-hal sederhana, mulai masih bisa bernafas, sehat hingga bersyukur masih bisa beraktifitas dengan normal.

Rasa syukur seperti itu bahkan sangat jarang disadari saat merasa serba kecukupan. Kok bisa? Ya karena terlalu sibuk mengatur hidup dengan rincian keuangan yang dimiliki.

2. Lebih Bisa Berhemat

Pernah tidak berpikir “Andai saja kemarin tidak beli barang itu, mungkin sekarang masih punya uang,” saat uang sudah habis?. Nah, pemikiran semacam itulah yang nantinya mendorong diri untuk lebih berhemat.

Dengan tidak punya uang, kita bisa merasakan bagaimana kalutnya saat dompet menipis. Maka dengan begitu niat untuk berhemat jauh lebih bisa muncul agar kejadian krisis bisa diminimalisir.

3. Cenderung Bisa Menemukan Peluang

Saat tidak punya uang, otak pasti akan dituntut bekerja guna mencari peluang penghasilan tambahan. Alih-alih tenang bak berada di zona nyaman, otak terus berpikir mencari alternatif untuk menambah pundi-pundi uang seoptimal mungkin.

Misalnya, ketika punya uang dan melihat barang bekas, pasti yang dipikirkan adalah “hanya tumpukan sampah”. Berbeda ketika melihat barang bekas saat tak punya uang, pasti akan berpikir bagaimana cara menjadikan barang-barang bekas jadi sebuah peluang. (trj/asd)