Proyek Umbulan Selesai 2016

705

Pasuruan (wartabromo) – Proyek pemanfaatan sumber air Umbulan di Kecamatan Winongan segera dimulai dan beroperasi 2016. Sumber ini akan memenuhi kebutuhan air minum 5 daerah di Jatim.

“Tidak ada anggaran APBD Kabupaten Pasuruan yang dikeluarkan untuk proyek, semunya dari Pemprop. Kita justru mendapat keuntungan yang cukup besar,” kata Bupati Pasuruan M Irsyad Yusuf, Kamis (12/9/2013).

Pemkab Pasuruan dan Pemprop Jatim sudah menandatangani Kesepakatan Bersama (MoU) proyek ini. Pemkab Pasuruan akan menerima keuntungan yang didapatkan dari PDAM dan dari bagi hasil pajak air permukaan sebesar 50%.

“Kita akan terus mengawal MoU tersebut,” tandas Irsyad.

Selain itu, Pemprop Jatim akan melakukan program pipanisasi guna mencukupi kebutuhan air bagi 10 kecamatan yang setiap tahun alami kekeringan, seperti Lumbang, Paserpan, Lekok, Nguling, Rejoso, Kejayan, Winongan, Puspo, Beji dan Gempol.

Baca Juga :   'Tradisi' Banjir Pasuruan, Kapankah Berakhir?

Menurut Irsyad, Pemkab Pasuruan akan proaktif mengawal MoU tersebut terutama mengenai analisa mengenai dampak lingkungan (amdal) yang meliputi seluruh daerah tangkapan air yang berada di Kecamatan Lumbang, Puspo, Tosari serta Lautan Pasir Gunung Bromo.

Sumber air Umbulan di Desa Umbulan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuraun memiliki debit 5.000 liter/detik. Proyek ini akan memanfaatkan 4.000 liter/detik untuk disalurkan ke 5 daerah di Jatim, yakni Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan. (fyd/fyd)