21:22 - Rabu, 18 Juli 2018
Rabu, 21 Maret 2018 | 11:24

Pendaftar Online MAN IC Kabupaten Pasuruan Capai 950 Siswa

Pasuruan (wartabromo.com) – Pendaftar calon siswa baru MAN IC (Insan Cendekia) Kabupaten Pasuruan, capai 950 pendaftar. Jumlah sebesar itu, disebut tinggi hingga masuk lima besar, dari keseluruhan pendaftar MAN IC secara nasional.

Membludaknya jumlah peminat MAN IC Kabupaten Pasuruan, dirujuk dalam situs resmi Kementerian Agama (Kemenag) Pusat, yang sebelumnya telah membuka pendaftaran secara online untuk 22 MAN IC se-Indonesia.

Kepala Kemenang Kabupaten Pasuruan, Muhammad As’adul Anam mengatakan, untuk pendaftaran calon siswa di seluruh MAN IC se Indonesia, langsung dikelola oleh Kemenag Pusat. Termasuk pendaftaran dari seleksi administrasi hingga ujian tertulis dan sejenisnya.

“Ini di luar dugaan kita semua, bahwa pendaftar di MAN IC sangat tinggi. Padahal kita ketahui bersama kalau pendaftaran masih dibuka beberapa bulan lagi, tapi karena sudah sangat banyak, akhirnya Kemenag Pusat telah menutup pendaftaran,” kata Anam saat ditemui di kantornya.

[Baca juga: Kemenag Buka Pendaftaran Siswa MAN IC]

Dari situs tersebut, total pendaftar sudah mencapai 950 peserta dan dikabarkan menjadi jumlah tertinggi ke 5 dari jumlah keseluruhan 22 MAN IC se-Indonesia.

Ditambahkan, membludaknya jumlah pendaftar MAN IC Pasuruan bisa disebabkan beberapa hal. Diantaranya keberadaan MAN IC Pasuruan yang merupakan satu-satunya MAN IC di Jawa Timur, selain pandangan kualitas lulusan MAN IC yang tak perlu diragukan lagi.

“MAN IC Pasuruan adalah perpaduan antara belajar akademik dan agama. Maka tak heran, bahwa peminat yang ingin belajar di MAN IC sangat tinggi,” imbuhnya.

Kendati peminat tinggi, namun untuk jumlah siswa diterima, berjumlah 48 siswa. Dengan rincian 24 siswa untuk putra dan 24 siswa untuk putri. Dari 950 pendaftar, saat ini masih pada tahap proses seleksi administrasi. Nama-nama lolos administrasi, akan diumumkan di website Kemenag Pusat untuk mengikuti tes tulis.

“Kalau tes tulis, rencananya akan diadakan di Surabaya, jadwalnya akhir Maret ini,” terangnya.

Sementara itu, saat ditanya perihal kuota untuk pelajar Pasuruan yang bisa masuk, belajar di MAN IC, Anam tidak memberikan banyak komentar. Ia memastikan, proses seleksi semua langsung ditangani oleh Pusat.

“Kita tidak memiliki kewenangan apa-apa. Contohnya saja dari seleksi awal sampai akhir dan lolos, dipastikan yang terbaik yang bisa masuk ke MAN IC Pasuruan,” beber dia. (mil/ono)

Tatap Piala Indonesia, Persekap Jajal Kekuatan Surabaya Muda

Perusahaan Raksasa Amerika Ekspansi ke Probolinggo