Perusahaan Raksasa Amerika Ekspansi ke Probolinggo

1241

Probolinggo (wartabromo.com) – Perusahaan raksasa asal Amerika Serikat, Stern Resources (SR) Group, bakal ekspansi ke Kabupaten Probolinggo. Perusahaan multinasional ini akan fokus pada sektor pariwisata yang dinilai semakin menggeliat.

Bukti keseriusan itu, disampaikan oleh Pj Bupati Probolinggo Tjahjo Widodo. Diketahui, pada akhir pekan lalu, Pemkab mengadakan pertemuan dengan investor asal Amerika, Stern Resources (SR) Group di sebuah rumah makan di Sidoarjo. Tjahjo membawa sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Probolinggo yang berkaitan dengan investasi. Diantaranya Kepala Diskominfo, Kepala Disporaparbud, Kepala Dinas Penanam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Bappeda, dan Inspektorat. Sedangkan, dari SR Group ada Owner SR Group Carl E. Bolch III, CEO SR Group Hartadinata Harianto, serta Bussiness Development Manager SR, Dinnah Tanuhardja.

Baca Juga :   Terkena Percikan Las, Dua Kapal Ludes Terbakar

Dalam pertemuan itu, Tjahjo menawarkan 27 destinasi pariwisata di Kabupaten Probolinggo. Seperti Gunung Bromo, snorkeling Pulau Gili Ketapang, Kawasan Krucil dan Tiris.

“Probolinggo memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan dan dikerjakan investor. Kami membawa sejumlah kepala dinas terkait, supaya bisa memberikan kemudahan dan membantu proses investasi di Kabupaten Probolinggo,” jelas Tjahjo, Rabu (21/3/2018).

Menurut Kepala Bakorwil Jember ini, bidang pariwisata ini sebagai langkah atau pintu awal untuk investasi di bidang lainnya. Sebab, investor asal Amerika, ini juga bisa menarik investor di bidang lainnya untuk berinvestasi di Kabupaten Probolinggo. “Kerjasama ini nanti bisa membuka peluang di sektor lain. Mereka juga berkomitmen untuk memberdayakan warga lokal sebagai tenaga kerja,” tutur Tjahjo.

Baca Juga :   10 Kendaraan Celaka di Purwodadi, Berikut Kronologinya

Carl E. Bolch III, sendiri mengaku kagum dengan kekayaan alam di Kabupaten Probolinggo. Ditambah lagi dengan sikap hangat pemerintah dalam membuka peluang luas bagi investor. Pihaknya juga tertarik mengembangkan kerja sama di Kabupaten Probolinggo.

“Kami sangat antusias mempelajari lebih lanjut apa yang ada di Kabupaten Probolinggo. Saya melihat jumlah kunjungan turis di Probolinggo sangat tinggi,” kata Carl.

Sementara itu Hartadinata, mengatakan pertemuan pada Sabtu (17/3/2018) itu, merupakan proses penjajakan dan akan dilanjutkan dengan kunjungan langsung ke Kabupaten Probolinggo. Sebelumnya, Businese Development Direktor SR Group, Dinnah Tanuhardja sudah berkunjung ke Kabupaten Probolinggo.

“Tinggal menunggu dan memastikan dimulainya kerja sama ini. Soal modal yang kami siapkan, nanti tergantung kebutuhan,” ujarnya.

Baca Juga :   Aksi Wartawan Pasuruan Taklukkan Derasnya Air

Pria yang biasa dipanggil Harta itu,, menuturkan antusiasme berinvestasi di Kabupaten Probolinggo semakin besar, dengan adanya pembangunan infrastruktur nasional, berupa jalan tol di Kabupaten Probolinggo. Dengan adanya jalan tol, daerah memiliki kesempatan lebih dalam investasi di bidang pariwisata.

“Dukungan paling kuat saya ingin berinvestasi di Kabupaten Probolinggo, karena jumlah kunjungan turis sangat tinggi,” tandas Harta. (saw/saw)