Banyak ‘Dukun’ Balon Bupati Jelang Pilkada

263
Foto : Ilustrasi

Pasuruan  (wartabromo) – Banyak cara dilakukan untuk bisa mendapatkan simpati dan dukungan dari masyarakat saat seseorang menyatakan maju dalam pilkada 2013 mendatang. Salah satunya dengan bantuan spiritual dari paranormal atau ‘orang pintar’.

Tak bisa dipungkiri, sejumlah nama yang sudah menyatakan dirinya siap maju dalam bursa pencalonan Bupati Pasuruan dalam Pilkada 2013 mendatang juga kerapkali kedatangan tamu dari para dukun dan paranormal yang berasal dari berbagai daerah.

Bahkan, salah satu tokoh asal partai yang gambarnya kini sudah banyak dijumpai di berbagai sudut jalan mengaku, rata-rata mereka mengajukan diri sebagai pendamping spiritual bagi para calon guna memenangkan pertarungan perebutan kursi Bupati Pasuruan dalam Pilkada 2013 nanti.

“Saya didatangi tamu yang siap menjadi pendamping spiritual dalam pilkada nanti,” ujar tokoh tersebut pada wartabromo saat ditemui di kediamannya.

Menurutnya, hampir setiap saat dirinya harus kuwalahan melayani para tamu yang punya berbagai cara mengungkapkan bentuk dukungannya bagi pencalonan dirinya.

“Yang jelas, saya tetap apresiasi atas dukungan tersebut,” tambahnya berdiplomasi.

Sikap baik sebagai tuan rumah senantiasa ditunjukkannya meski secara tidak langsung ia tahu jika ‘orang pintar’ tersebut juga memberikan penawaran yang sama bagi bakal calon lainnya.

Kendati demikian, salah satu ‘orang pintar’ juga diakui telah berhasil membujuknya sehingga ia rela meluangkan waktu untuk melihat secara langsung usaha yang dilakukan oleh paranormal tersebut.

“Saya di kasih kul buntek (hewan sejenis keong, red) sebagai jimat,” terangnya lagi.

Maraknya keberadaan ‘orang pintar’ tersebut memang tidak bisa disalahkan, mengingat kemajemukan budaya masyarakat yang ada di Kabupaten Pasuruan sangat beragam. Mereka sengaja ingin menunjukkan keinginan kuatnya untuk mendapatkan pemimpin daerahnya melalui kearifan lokal yang ia miliki dengan cara-cara yang ia yakini. (yog/yog)