75 Persen Ibu-ibu Terserang Pegal Linu

235
Antri - Puluhan ibu sedang antri memeriksakan diri pada dokter di Balai Desa Plososari Kecamatan Grati Pasuruan / Foto : istimewa

Grati (wartabromo) – Data yang diperoleh oleh Tim Dokter Kesehatan Polres Pasuruan menyebutkan, dari 380 warga Desa Plososari Kecamatan Grati, Pasuruan, sebanyak 75 persennya menderita penyakit pegal linu. Rata-rata penyakit tersebut menyerang para ibu di daerah setempat.

Informasi tersebut terungkap saat Polres Pasuruan menggelar kegiatan bakti sosial pengobatan gratis di Desa Plososari Kecamatan Grati, Pasuruan yang juga dihadiri oleh Kapolres Pasuruan, AKBP Achmad Ibrahim.

Menurut Kasubaghumas Polres Pasuruan, AKP Bambang HS, kegiatan yang bertujuan untuk mencegah maraknya isu santet di daerah pedesaan tersebut dipimpin langsung oleh dr. Patria Rusli dan didampingi oleh dr. Lilik Cendrayani serta Tim kesehatan setempat.

“Pengobatan gratis ini bertujuan untuk mencegah maraknya isu santet di daerah pedesaan,” ujar AKP Bambang HS mendampingi Kapolres Pasuruan, AKBP Achmad Ibrahim.

Selain diketahui banyak menderita pegal linu, Warga Desa Plososari Kecamatan Grati ternyata juga banyak yang menderita penyakit gangguan tekanan darah tinggi, batuk pilek, gatal – gatal, hipotensi, anemia dan Katarak.

“Para petugas medis menyarankan agar warga secara rutin melakukan kontrol kesehatan ke puskesmas terdekat,” tambahnya.

Maraknya isu santet yang berkembang di daerah pedesaan kerapkali membuat warga cemas dan tak jarang melakukan tindakan anarkhis yang berunjung pengrusakan dan penghakiman massa.(yog/yog)