Kantor Askes RSUD Purut Diacak-acak Maling

316
Kantor Askes - Karyawan sedang memperbaiki lampu depan kantor. Pada saat kejadian, lampu tersebut padam, Jumat (25/5/2012). Foto: M Athuf.

Pasuruan (wartabromo) – Kantor Pelayanan Asuransi Kesehatan (Askes) yang berlokasi di area RSUD dr R Soedarsono, Kota Pasuruan diacak-acak maling. Pelaku yang diperkirakan beraksi seorang diri berhasil membawa kabur sejumlah uang dan laptop berisi data Jamkesmas.

Keterangan yang dihimpun di lokasi menyebutkan, pelaku diduga beraksi sekitar pukul 00.00 – 02.00 Wib, Jumat (25/5/2012). Pasalnya, pada pukul 23.00 Wib, salah seorang satpam masih melakukan patroli di kantor yang berada di sebalah utara IGD tersebut.

“Kemungkinan kejadiannya dini hari tadi, namun kita baru mengetahui pagi tadi,” terang Dwi Arifianto, Verifikator Jamkesmas Kantor Akses di lokasi, Jumat (25/5/2012).

Menurut Dwi, petugas keamanan yang minim saat malam hari menjadikan maling dengan leluasa masuk ke kantornya. Ditambah lampu bagian depan dimana sedang padam saat kejadian. “Masa rumah sakit sebesar ini hanya dijaga 3 satpam,” Dwi.

Dari hasil olah Tempat Kejadin Perkara (TKP), polisi menduga pelaku masuk melalui jendela WC yang berada di bagian depan kantor. Pelaku lalu masuk dan mengacak-acak ruang arsip dan membongkar almari.

Pelaku kemudian ‘membersihkan’ uang kas dan celengan karyawan serta sebuah laptop Lenovo yang berisi data Jamkesmas. Total kerugian yang dialami kantor Askes mencapai Rp 4 juta. Sambil membawa barang-barang jarahannya, pelaku kabur dengan cara merusak pintu belakang kantor.

Hingga saat ini polisi masih melakukan penyelidikan. Pengambilan sidik jari di beberapa sudut ruangan sudah dilakukan. (fyd/fyd)