UMK Rp 2.2 Juta Harga Mati!

284

Bangil (wartabromo) – Buruh di Kabupaten Pasuruan belum puas dengan usulan rekomandasi UMK kisaran Rp 1.500.000, yag sudah diteken bupati. Mereka tetap menuntut UMK 2013 sebesar Rp 2.2 juta, karena Pasuruan termasuk dalam ring I, selain Sidoarjo dan Gresik.

Untuk menuntut UMK Rp 2.2 juta, sekitar 7 ribu buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), berangkat ke Surabaya. Mereja akan bergabung dengan ribuan buruh lainnya yang datang dari wilayah ring I.

“Kami menuntut UMK 2013 di Kabupaten Pasuruan sebesar Rp 2.2 juta, karena Pasuruan termasuk dalam ring I. Itu bukan angka yang besar, tapi itu jumlah yang layak diterima buruh,” kata Jazuli, Ketua FSPMI Pasuruan, Senin (19/11/2012).

Ribuan buruh yang sebagian besar berasal dari kawasan industri PIER ini berangkat menggunakan 35 bus dan ditambah kendaraan lainnya serta motor. Keberangkatan mereka ke Surabaya sempat membuat jalur pantura macet.

“Kami akan berdemo sampai tuntutan kami dipenuhi. Jika tidak kami akan memblokir dan melumpuhkan Surabaya,” tandasnya. (fyd/fyd)