12 Calon Siap Bertarung di Pilbup 2013

214

Kejayan (wartabromo) – Enam pasangan bakal calon bupati – wakil bupati Pasuruan resmi mendaftar ke KPUD. Para pasangan maju baik diusung partai maupun berangkat jalur perseorangan, Jumat (23/11/2012).

Diantara bakal calon bupati dan wakil bupati terdapat banyak muka baru. Namun mantan kepala daerah dan incumbent juga ikut serta mencalonkan diri, termasuk bupati Dade Angga dan wakil bupati Eddy Paripurna. Ketua DPRD Irsyad Yusuf juga tidak mau ketinggalan dan menyatakan siap bertarung dalam pesta demokrasi yang akan digelar 3 Maret 2013.

Pendaftaran pasangan calon yang berlasung dua hari sejak kemarin dijaga lebih dari 60 personel kepolisian baik dari Polres Pasuruan dan Brimob Polda Jatim. Proses pendaftaran juga dimeriahkan berbagai atraksi kesenian, seperti reog, jaran kecak, barongsai serta hadrah. Hiburan tersebut menyedot perhatian masyarakat.

Berikut pasangan bakal calon bupati – wakil bupati sesuai waktu pendaftaran:

Pasangan pertama Muzammil Syafi’i – Juraida, maju melalui jalur perseorangan (independen); pasangan kedua Udik Djanuantoro – Joko Cahyono diberangkatkan Gollkar; pasangan ketiga Anwar Sadad – Dade Angga yang diusung partai PKNU, PKS dan Hanura.

Pasangan berikutnya adalah Eddy Paripurna – Bambang Pudjiono, dengan membawa gerbong PDIP dan gabungan 16 partai gurem tergabung dalam ‘Perisai’; pasangan kelima yang mendaftar yakni Kelana Aprilianto – Agus Asyari yang didukung PPP dan Gerindra; dan pasangan terakhir Irsyad Yusuf – Riang Kulup Prayuda yang diusung PKB dan Partai Demokrat.

Ketua KPUD Zainal Abidin menyatakan bahwa pihaknya sudah menerima semua berkas pendaftran keenam calon. Setelah itu pihaknya akan melakukan verifikasi administrasi dan faktual untuk menentukan siapa yang lolos sebagai calon bupati – wakil bupati yang bertarung dalam Pilbup 2013 mendatang. (fyd/fyd)