Sambut Pilkada, Wartawan Akan Deklarasi Damai di Umbulan

289

Pasuruan (wartabromo) – Moment Pilkada Kabupaten Pasuruan sudah di depan mata. Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan mulai dari lembaga penyelenggara pemilihan yakni KPUD, Panwaslu Kabupaten, Pemkab Pasuruan serta keenam pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati  yang  juga sudah mengantongi jadwal kampanye mulai tanggal 14 pebruari 2013 mendatang.

Kesuksesan Pilkada Kabupaten Pasuruan akan terlihat manakala proses pelaksanaan tahapan Pemilu Kepala Daerah tersebut bisa berjalan dengan aman, damai, tertib dan lancar. Karenanya, setiap unsur dan elemen masyarakat memiliki kewajiban yang sama untuk mensukseskan pemilukada Kabupaten Pasuruan tersebut, termasuk para awak media atau jurnalis yang bertugas di Kabupaten Pasuruan.

Hal tersebut disampaikan oleh Panitia Pelakasana Deklarasi Jurnalisme Damai Pilgub 2013 sekaligus Panitia Hari Pers Nasional (HPN), Arie Yunianto, Rabu (6/2/2013).

Menurutnya, niatan dan uneg-uneg terkait Pemilukada tersebut akan diungkapkan oleh insan pers yang bertugas di wilayah Pasuruan dalam bentuk kegiatan kreatif yang bisa memberikan semangat dan dukungan moril bagi pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Pasuruan.

“Kita hanya ingin Pilkada bisa berjalan tertib dan damai. Karena kami bagian dari itu semua,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, bertepatan dengan moment Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 10 pebruari 2013 mendatang, Para Wartawan media cetak, elektronik dan online di Pasuruan berencana melakukan deklarasi jurnalisme damai di area sumber mata air umbulan, Winongan.

“Sumber mata air umbulan adalah aset besar yang dimiliki oleh Kabupaten Pasuruan sehingga perlu untuk diingatkan dan ditegaskan kembali,” jelasnya.

Selain itu, sumber mata air umbulan merupakan salah satu mega proyek bernilai trilunan rupiah yang kini sedang getol-getolnya di garap oleh Pemprov Jawa Timur.

“Belum tentu tahun depan secara fisik kita bisa melihat umbulan seperti sekarang,” tambahnya.

Kegiatan Deklarasi jurnalisme damai Pilbup 2013 sendiri rencananya akan mengundang semua pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Pasuruan serta lembaga penyelenggara pemilihan untuk bersama-sama menyaksikan niatan baik dari para jurnalis di Pasuruan tersebut.

“Tidak ada unsur politis apapun disini, yang jelas semuanya bisa ikhlas nrimo, legowo dan sukses,” timpal Abdussyukur, salah seorang jurnalis media cetak yang juga panitia kegiatan tersebut. (yog/yog)