Lomba Karapan Sapi ‘Pejabat’, Digelar di Kampung Nelayan

366

Panggungrejo (wartabromo) – Untuk pertama kalinya, warga Nelayan yang tinggal di Kelurahan Panggungrejo Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan mendapatkan tontonan menarik. Lomba Kerapan Sapi digelar dalam rangka peringatan HUT Kota Pasuruan ke-327 di Lapangan Panggungrejo dan diikuti oleh 24 peserta terdiri dari para Lurah, Camat dan Muspida Kota Pasuruan.

Lapangan Kelurahan Panggungrejo yang biasanya dimanfaatkan oleh para nelayan untuk menjemur hasil tangkapan ikan mendadak berubah menjadi arena balap yang diperuntukkan untuk sapi-sapi pilihan berebut juara dalam lomba karapan sapi yang digelar oleh Pemkot Pasuruan.

Terik matahari yang menyengat tak menyurutkan langkah ribuan warga dan nelayan setempat untuk menyoraki sapi-sapi pilihan yang saling beradu kecepatan mencapai garis finish.

Berbeda dari lomba karapan sapi pada umumnya. Lomba karapan sapi ini diikuti oleh para peserta yang terdiri dari kalangan pejabat di lingkungan Pemkot Pasuruan mulai dari Walikota, Ketua DPRD, Dandim 0819, Kapolres serta para camat dan lurah se-Kota Pasuruan.

Namun meski yang menjadi peserta para pejabat, bukan berarti mereka yang turun langsung ke gelanggang dan menunggangi sapi karapannya. Lomba karapan sapi tersebut tetap dinaiki oleh para joki andalan yang disewa untuk memenangi perlombaan.

“Pesertannya mereka mas, tapi sapi dan jokinya tidak dari sini (Pasuruan,red),” ujar salah seorang panitia, Sabtu ( 9/3/2013)

Dari pantauan wartabromo di lokasi, lomba karapan sapi ini diikuti oleh sapi-sapi pilihan yang sengaja didatangkan dari luar daerah. Para joki yang bertarung rata-rata masih duduk di bangku sekolah dasar. 24 peserta atau sapi karapan yang dipertandingkan, masing-masing memperebutkan tiket final yang akan diselenggarakan, Minggu (10/3/2013) besok.

“Sapi Pak Walikota yang berjuluk Kenongo menang dalam babap pertama penyisihan mas,” ujar salah seorang warga yang cukup antusias menyaksikan lomba. (yog/yog)