Harga BBM Naik, Bengkel Motor Irit BBM Laris Manis

567

irit-bbmPurwosari (wartabromo)- Naiknya harga bbm jenis premium dari Rp. 4.500 menjadi Rp. 6.500 membuat sejumlah pemilik kendaraan bermotor harus lebih irit dan efisien dalam menggunakan kendaraannya. Namun para pemilik motor jangan risau, pasalnya sebuah bengkel motor di Desa Pucangsari Kecamatan Purwosari, Pasuruan menawarkan jasa service irit BBM bagi kendaraan bermotor bagi pelanggannya. Alhasil bengkel service irit BBM itu pun laris manis dari serbuan para pemilik sepeda motor di daerah setempat.

Berdasarkan pantauan wartabromo, bengkel motor milik Irfan (28) di Desa Pucangsari Kecamatan Purwosari, Pasuruan hampir tak pernah sepi dari antrian beragam jenis merk sepeda motor milik para pelanggannya. Ya, semenjak pemerintah mengumumkan kenaikan harga bbm jenis premium dan solar per Sabtu (22/6/2013). Bengkel irfan pun kebanjiran order untuk melakukan service motor pelanggannya agar lebih irit BBM.

Menurutnya, kenaikan harga bbm justru menjadi berkah tersendiri baginya lantaran banyak para pemilik motor yang minta motornya di-service lebih irit BBM dari biasanya.

“Rata-rata para pelanggan minta di stel irit BBM mas,” ujar Irfan pada wartabromo, Senin (24/6/2013).

Dengan berbekal kemahirannya, Irfan pun akhirnya melayani permintaan para pelanggan tersebut. Dijelaskannya, agar motor benar-benar bisa irit bbm, ia pun harus melakukan pengecekan dan pembersihan terhadap kondisi karburator dan filter saluran udara motor milik para pelanggannya. Selain itu, sejumlah komponen penting pun harus di-standartkan agar motor tak boros terhadap premium.

“Yang terpenting semuanya harus dibersihkan,”lanjutnya.

Meski tidak bisa dipastikan bisa irit BBM 100 persen namun Irfan mengaku motor yang sudah di service bisa menghemat sekitar 15 hingga 20 persen BBM daripada biasanya.

Hampir setiap hari, sejumlah sepeda motor harus antri di depan bengkel motor milik Irfan. Kebanyakan adalah sepeda motor jenis bebek yang dianggap cukup boros dengan BBM. (yog/yog)