Nasi Belut Kramat, Pilihan Pemudik di Jalur Pantura

634

DSC08916-1Pasuruan (wartabromo) – Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu jalur bagi pemudik yang menuju ke wilayah timur Pulau Jawa. Bagi para pemudik yang melintas saat jam berbuka puasa bisa menikmati salah satu kuliner khas Pasuruan,yakni nasi belut. Makanan yang terdiri dari nasi putih, ikan belut, lalapan dan tidak ketinggalan sambal pedasnya tersebut dikenal dengan julukan nasi belut kramat.

Kramat merupakan nama Desa di wilayah Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan yang dikenal dengan daerah pondok pesantren dan Belut merupakan salah satu hasil dari budidaya ternak yang dikembangkan oleh para santri yanng dikelola oleh koperasi pondok pesantren setempat

Ada beragam pilihan masakan belut yang bisa dinikmati untuk menu berbuka puasa, diantaranya, belut goreng, belut bakar, pepes belut dan belut krispi. Keempat jenis masakan belut tersebut dijual dengan harga yang sangat terjangkau yakni antara Rp. 5. 000 hingga Rp. 7.000.

Selain di daerah Kramat, nasi belut juga bisa dijumpai di warung yang terdapat di jalan raya Desa Raci, Kecamatan Bangil.

Salah satu pedagang nasi belut, Fatimah, yang ditemui wartabromo menjelaskan, Belut diolah dengan menggunakan bumbu rempah serta resep tradisional sehingga selalu enak dan renyah.

“Kami hanya menyediakan dua jenis masakan belut yakni belut goreng dan belut bakar lengkap dengan sambal merah dengan harga 10.000 per porsi,” ujar Fatimah pemilik warung belut Nyai Basinga.Monggo mampir!. (dyt/yog)