Mudik, Omzet Bengkel Motor Naik Dua Kali Lipat

0
154

Bengkel-motor-mudikPandaan (wartabromo) – Moment mudik lebaran menjadi berkah tersendiri bagi para pemilik  bengkel motor. Pasalnya, banyak pemudik yang rela datang dan rela antri untuk memperbaiki motornya guna keperluan perjalanan mudik. Para pemilik motor tersebut berencana akan menggunakan kendaraannya untuk mudik serta silaturahmi selama lebaran.

Dengan mudik menggunakan motor, para pemudik beralasan selain ongkos mudik lebih murah dibandingkan jasa transportasi lainnya juga pemudik bisa sambil jalan-jalan saat di kampung halaman.

Kondisi tersebut, membuat bengkel motor di Pasuruan selalu dibanjiri oleh para calon pemudik motor yang akan melakukan service motornya.

Seperti yang terlihat di salah satu bengkel motor milik Kunarto (28) di jalan raya by pass Pandaan, Pasuruan. Sejak H-5 lebaran hingga saat ini, bengkel motor tersebut selalu disibukkan dengan meningkatnya jumlah pemilik motor yang melakukan service kendaaran.

Kunarto, sang pemilik bengkel mengatakan, jika pada hari biasa yang datang untuk servis kendaraan antara 20 sampai 25 pelanggan perhari, namun menjelang lebaran bisa mencapai 45 hingga 50 unit perhari.

“Ada peningkatan dua kali lipat mas,”tutur Kunarto yang dibantu oleh dua orang karyawannya.

Dijelaskannya, rata-rata para para calon pemudik tersebut hanya melakukan servis ringan seperti servis karburtor, rem maupun ganti oil. Untuk service ringan tanpa mengganti spert part, dirinya hanya mengenakan biaya antara Rp 20.000-Rp 25.000. (ryn/yog)