Pasuruan Giat Promosi Puncak Penanjakan Bromo

425

puncak-penanjakan-bromoTosari (wartabromo) – Puncak Penanjakan sungguh memiliki potensi yang luar biasa. Pemandangan matahari terbit Bromo yang bisa dilihat langsung dari lokasi tersebut merupakan sebuah anugrah dan potensi besar yang dimiliki oleh Kabupaten Pasuruan.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf berjanji akan giat melakukan promosi wisata tentang potensi besar puncak penanjakan di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari tersebut agar para wisatawan juga mengenal bromo melalui jalur Pasuruan.

“Bromo dilihat dari puncak penanjakan sungguh sangat luar biasa. Dan, itu tidak dimiliki oleh Kabupaten Lainnya,”ujar Irsyad Yusuf saat menghadiri lomba toto on the spot dalam rangka hari jadi Kabupaten Pasuruan ke-1084 di Puncak penanjakan, Minggu (23/9/2013).

Menurutnya, melalui berbagai kegiatan promosi dan perbaikan infrastruktur di kawasan penanjakan, Irsyad berharap jumlah kunjungan wisatawan ke Bromo melalui jalur Pasuruan bisa mengalami peningkatan yang signifikan.
“Insfrastruktur, sarana prasarana seperti tempat parkir dan homestay akan dikembangkan,”ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan wartabromo, jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara dalam seminggu terakhir kian mengalami peningkatan. Rata-rata dalam sehari, jeep yang mengantarkan para tamu untuk ke puncak penanjakan maupun lautan pasir bromo mencapai 40 jeep perharinya.

“Lumayan mas, homestay dan penginapan full dan hampir tiap hari ada 40 jeep yang mengantar para wisatawan ke Bromo,”ujar Prapto, sopir jeep bromo.

Kondisi yang cukup baik tersebut, didukung pula oleh diselenggarakannya lomba foto on the spot bromo yang digelar di puncak penanjakan, bukit cinta dan bukit kingkong oleh Pemkab Pasuruan, Minggu (23/9/2013). Sebanyak 161 peserta dari berbagai daerah berebut foto sunrise terbaik di puncak penanjakan. (yog/yog)