Kawasan Tahura Kembali Terbakar

509
Ilustrasi

Prigen (wartabromo) – Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo kembali terbakar, Selasa (29/10/2013). Kebakaran di Blok Rangsang Barat meludeskan sedikitnya 5 hektar hutan.

Pusat kebakaran yang berada Desa Jatiarjo Kecamatan Prigen berdekatan dengan Blok Putuk Lesung di Dusun Gamoh Desa Dayurejo yang merupakan kawasan Perhutani.

Kebakaran terjadi sejak pukul 11.00 WIB dan baru bisa dipadamkan pukul 15.30 WIB. Pemadaman dilakukan oleh 15 petugas Tahura bersama ratusan anggota Kelompok Tani Tahura (KTT) Arjuna Lestari.

Proses pemadaman dilakukan secara manual dengan sistem gebyok menggunaan ranting pohon. Petugas dan petani juga menggali sekat bakar untuk melokalisir api.

“Api sudah padam, tapi masih tampak asap tebal,” ujar Kasi Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo, wilayah Malang-Pasuruan, Gatot Sundoro.

Anggota KTT Arjuna Lestari, Trawi, mengatakan saat ini beberapa petugas dan petani masih di lokasi. Ada sejumlah titik api yang masih membara dan dikhawatirkan membesar.

“Jika ada kebakaran, kami kembali bersama tim memadamkan api,” ujar Trawi.

Kebakaran di kawasan hutan lindung ini merupakan yang ke-4 selama dua bulan terakhir dan sudah menghanguskan sekitar 15 hektar lahan. (fyd/fyd)