222 Miniatur Masjid dari Kertas Koran Pecahkan Rekor IBOR

1980
miniatur-masjid
Inilah miniatur Masjid Hasil Karya Siswa Kelas X SMA Negeri Kejayan, Pasuruan / eml

Kejayan (wartabromo) – Setelah pada tahun 2012 lalu memecahkan rekor IBOR (Indonesia Book Of Record) melalui karya Pembuatan 200 replika candi dari kertas koran. Kini, Siswa SMA Negeri Kejayan, Pasuruan kembali mengulang prestasi yang sama dengan membuat Sebanyak 222 miniatur masjid dari seluruh penjuru dunia.

222 miniatur masjid tersebut dibuat oleh siswa-siswi kelas X dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah yang ke-22. Alhasil prestasinya tersebut pun tercacat kembali dalam Indonesia Book Of Record.

Model dan bentuk miniatur masjid yang dibuat oleh para siswa tersebut mulai dari miniatur masjid di Indonesia seperti masjid itiqlal hingga masjid Nabawi di Madinah dan masjid-masjid lainnya di belahan dunia. Uniknya, bahan dasar yang digunakan adalah koran yang dirangkai sedemikian rupa hingga menghasilkan karya seni yang indah.

Baca Juga :   Tolak Eksekusi, Pemilik Toko Pertanian Sewa Preman Bermobil

“Untuk membuatnya memang agak rumit, pasalnya bahan yang kita gunakan adalah koran yang dilinting dan dirangkai hingga serupa dengan masjid yang aslinya, ” ujar Edi Susanto, Guru Seni Budaya di SMA Negeri Kejayan pada wartabromo, Sabtu (23/11/2013).

Menurutnya, bentuk dan model masjid yang beragam tersebut didapatkan dari internet. Para siswa kemudian merancang hingga menjadi miniatur masjid yang persis dengan aslinya.

“Pada kenyataannya jumlah masjid atau musholla semakin banyak, tetapi justru hanya dibuat hiasan oleh masyarakat alias tidak diisi dengan kegiatan ibadah. Ini bentuk sindiran dan pengingat bagi kita,” ujar Edi.

Ratusan miniatur masjid hasil karya siswa tersebut dipajang dan dipamerkan di lapangan basket  SMA Negeri Kejayan untuk bisa disaksikan oleh para siswa dan dewan guru selama HUT Sekolah berlangsung. (eml/yog)