Aksi Wartawan Pasuruan Taklukkan Derasnya Air

595
rafting-pacet-mojokerto
Aksi para jurnalis saat rafting di Pacet, Mojokerto / istimewa

Mojokerto (wartabromo) – Kompak penuh persahabatan (Kompersa) adalah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang dilakukan oleh puluhan wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Pasuruan. Tak hanya kompak saat hunting berita, para jurnalis dari berbagai media tersebut juga menunjukkan rasa kompersa-nya saat mengikuti kegiatan media gathering bersama PT CJI di Pacet, Mojokerto, Sabtu (23/11/2013).

Sebanyak 23 orang jurnalis dari berbagai media baik cetak, elektronik dan online mengikuti kegiatan rafting bersama di wisata alam Pacet, Mojokerto.

Langit yang cerah serta pemandangan alam yang indah membuat puluhan jurnalis yang biasanya disibukkan dengan kerjaan seakan bisa tersenyum segar meski untuk mencapai lokasi rafting yang dikelola oleh warga Desa Pacet tersebut harus berjalan kaki sepanjang 200 meter dengan cara menuruni tebing sungai yang curam.

“Jalannya asyik dan natural banget,”kata Glewoh, jurnalis LKBN Antara.

Pemuda berperawakan tinggi besar tersebut tampak sangat menikmati perjalananya meski harus bersusah payah dan ngos-ngosan untuk mencapai lokasi sungai yang akan dijadikan start rafting atau dikenal sebagai trip Mahameru tersebut.

TOS Rafting yang dikelola oleh Pemuda Desa di komplek Wisata alam Pacet tersebut memiliki tiga trip yang bisa dijadikan pilihan oleh para pecinta olahraga rafting yakni trip Mahameru 3 jam, trip Arjuna 2 Jam dan trip Mahameru 1 Jam.

Tim PWI Pasuruan dibagi menjadi 7 kelompok yang terdiri atas 2 sampai 3 orang. Mereka memiliki posisi dan tugas masing-masing untuk menantang derasnya aliran air sungai yang jernih dan alami tersebut.

Terjalnya bebatuan menjadi tantangan tersendiri bagi para jurnalis untuk mengarahkan perahu karetnya sebaik mungkin agar tidak terbalik dan searah dengan derasnya air sungai. Teriakan demi teriakan yang muncul dari adrenalin tiap jurnalis memenuhi dinding dan tebing sungai.

“Kalau saya bilang ke kanan, ke kanan. Kalau bilang boom langsung ganti posisi,” ujar Koler salah seorang pemandu rafting dalam setiap moment berbahaya.

Rafting yang dikemas dalam Media Gathering bersama tersebut merupakan salah satu kegiatan PWI Pasuruan untuk menjalin keakraban antar sesama jurnalis yang bertugas di wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan.

“Selain ngopi bareng, kita juga rafting bareng. Biar makin guyub,” ujar Arie Yunianto, Ketua PWI Perwakilan Pasuruan didampingi Humas PT CJI, Yunus.

Menurutnya, Media Gathering adalah salah satu cara positif yang dilakukan oleh Keluarga Besar PWI Perwakilan Pasuruan untuk menggandeng semua jurnalis dari berbagai media massa agar tidak terjadi kesenjangan baik di lapangan maupun di internal organisasi. “Ini murni refreshing,” tambahnya. (yog/yog)