Besok, 61 Desa di Kabupaten Probolinggo Gelar Pilkades

708

Probolinggo (wartabromo) – 61 desa di 22 Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) besok, Kamis 28 Nopember 2013. Sebanyak 177 calon kepala desa akan memperebutkan simpati rakyat untuk menjadi orang nomor satu di desanya masing-masing.

Kepala Badan Pemerintahan Kabupaten Probolinggo, Maretinus Djaiful Effendi, mengharapkan Pilkades sertak tersebut berjalan kondusif. Calon kepala desa yang gagal diharapkan memiliki jiwa kesatria dan legowo menerima kekalahan.

Ia berharap pihak yang menang bisa mengakomodir calon yang kalah, dengan mengedepankan prinsip untuk membangun desa bersama. Sebaliknya calon yang kalah harus bisa membantu program desa yang akan dibangun oleh calon terpilih.

“Masing-masing pihak harus mengedepankan kepentingan desa, tidak mengedepankan egonya masing-masing. Yang kalah dan yang menang harus bisa bersinerji membangun desa,” kata Maretinus, Rabu (27/11/2013).

Baca Juga :   Bersenjata Samurai, Begal Motor Rampas Honda Vario di Baujeng Beji

Sementara itu pihak kepolisian sudah siap dalam melakukan pengamanan Pilkades serentak se-Kabupaten Probolinggo. Pada H-1 ini sudah dilakukan gelar pasukan yang akan ditugaskan dalam pengamanan Pilkades.

Kapolres Probolinggo, AKBP Endar Priantoro, menyatakan, pihaknya sudah siap dalam melakukan pengaman pada pilkades Kabupaten Probolinggo. H-1 pelaksanaan pihaknya sudah melakukan gelar pasukan yang akan di ti\ugaskan dalam pengamanan pilkades.

Sebanyak 900 personel dari Polres Probolinggo, Polres Probolinggo Kota, Polres Lumajang dan Polres Pasuruan dan Brimob Polda Jatim serta dibantu oleh pihak TNI sudah bersiaga di lokasi-lokasi Pilkades untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diiinginkan.

“Kami akan pastikan proses Pilkades berjalan aman dan kondusif  baik sebelum dan sesudah pelaksanaan,” tegas Endar. (rhd/fyd)