Sumber Kemacetan, Akan Dibangun Median di Bangil

265
Ilustrasi/ Sumber: indonesianic.wordpress.com

Pasuruan (wartabromo) – Pemkab Pasuruan akan membangun median di Jalan Raya Beji – Bangil, tepatnya mulai Tugu Adipura sampai Jembatan Kedunglarangan. Pembangunan ini dimaksudkan untuk mencegah kemacetan. Selama ini kawasan tersebut merupakan titik rawan macet.

“Ini rekomendasi dari polisi (Sat Lantas Polres Pasuruan), bahwa di sepanjang 500 meter jalan tersebut mendesak dibuatkan median untuk mengurangi kemacetan,” kata Kepada Dinas PU Binamarga Kabupaten Pasuruan, Hari Apriyanto, Senin, 13 Januari 2014.

Selama kurang lebih enam bulan terakhir, sepanjang jalan antara Tugu Adipura di Alun-alun Bangil hingga Jembatan Kedunglarangan diberi barigade tali. Hal itu dimaksudkan agar pengguna kendaraan tidak sembarang menyeberang atau putar balik yang akhirnya menyebabkan kemacetan.

Selama ini, upaya tersebut berhasil mengurangi kemacetan. Namun masih banyak pengguna kendaraan yang nakal melanggar barigade tali. Oleh karena itu, pembangunan median jalan sangat diperlukan.

“Tahun ini dikerjakan pembangunannnya. Median ramping seperti yang di Japanan,” jelas Hari.

Selain median, di jalur tersebut juga akan dibangun lampu penerangan jalan umum (PJU). Rencanannya, PJU akan menggunakan lampu jenis LED kualitas tinggi yang diperkirakan mampu bertahan sampai 20 tahun.

Di jalur tersebut akan dipasang sebanyak 15 PJU. Satu unit PJU akan menelan biaya sampai Rp 20 juta. Di tiang PJU tersebut juga akan diberi hiasan asmaul husna.

“Total untuk median dan PJU akan menelan anggaran Rp 600 juta,” pungkas Hari. (fyd/fyd)