Nelayan di Pelabuhan Pasuruan Tak Melaut Akibat Cuaca Buruk

383

nelayan pasuruanPasuruan (wartabromo) – Para nelayan di Pelabuhan Pasuruan sejak sepekan terakhir mulai tidak melaut karena cuaca buruk. Kalaupun ada yang nekat melaut tak lebih pada jarak 2 mil.

“Anginnya kencang dan ombak tinggi,” kata Mujahid, salah seorang nelayan di Kelurahan Ngemplakrejo Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan, Jumat, 17 Januari 2014.

Menurut Mujahid, ada beberapa nelayan yang tetap melaut karena merupakan mata pencarian utama, Namun mereka hanya sampai batas 2 mil dari pantai. “Di tengah ombak mencapai 4 meter,” terangnya.

Sugianto, nelayan lain menuturkan, jika pada cuaca normal ia bisa melaut setiap hari pada siang hari dan jika melaut pada malam hari, bisa sampai 10-12 hari dalam satu purnama. Akibatnya penghasilan mereka jauh berkurang. “Kalau cuaca begini, ikan juga jarang,” tuturnya.

Pantauan di lokasi, ratusan perahu nelayan tampak bersandar di pelabuhan. Banyak nelayan terlihat sibuk memperbaiki jaring dan perahu. Untuk mengisi waktu luang para nelayan memilih memperbaiki perahu dan jaring. (fyd/fyd)