Tahun 2014, Target Tangkapan Ikan DKP Pasuruan 8045 Ton

0
101

hasil-tangkapan-ikan-pasuruPasuruan (wartabromo) – Banyaknya nelayan di Kabupaten Pasuruan yang mencapai 7000 orang membuat Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasuruan optimis dapat menghasilkan tangkapan ikan mencapai 8045 ton ikan laut dalam tahun 2014. Terlebih, puncak berkumpulnya ikan biasanya terjadi pada bulan september hingga desember mendatang.

Slamet Nurhandoyo, Kepala DKP Kabupaten Pasuruan mengatakan, target tersebut mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya sebesar 7966,09 ton ikan/tahun.

“Kita masih punya waktu banyak waktu untuk mengejar target tangkapan ikan. Target tersebut bisa kita capai di akhir tahun ini, mudah-mudahan cuaca juga bersahabat, tidak seperti saat ini” ujar Slamet.

Untuk saat ini, para nelayan di perairan Kabupaten Pasuruan memang dianjurkan untuk tidak melaut, lantaran BMKG (Badan Meteorologi dan Geofisika) Kelas I Juanda telah memprakirakan bahwa cuaca ekstrem lantaran kecepatan angin sangat tinggi yakni mencapai 49,5-55 km/jam.

“Yang jelas, hujan angin seperti sekarang ini sangat mempengaruhi tingkat intensitas nelayan pergi melaut. Resikonya sangat tinggi kalau mereka memaksa untuk mencari ikan, ditambah ikan pasti akan lari ke tempat yang airnya tenang,”jelasnya.

Untuk mencapai target yang diharapkan, DKP Kabupaten Pasuruan telah menyiapkan anggaran yang berasal dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Pasuruan tahun 2014 sebesar Rp 2,9 M dengan rincian sebesar Rp 1,03 M untuk dipergunakan bagi kegiatan pemulihan sumber daya kelautan dan perikanan seperti rehabilitasi mangrove dan terumbu karang, aplikasi teknologi tepat guna untuk rumah ikan dan pembuatan rumpon (tempat berkumpulnya ikan) hingga penebaran benih ikan di perairan darat dan laut serta Rp.1,06 M untuk pendampingan nelayan perikanan tangkap semisal penyuluhan dan pelatihan kepada para nelayan, serta Rp 200 juta untuk pengawasan pemanfaatan sumber daya kelautan.

“Kami optimis akan dapat mencapai target tangkapan ikan ini. Saya mengajak kepada seluruh nelayan dan masyarakat di kawasan pesisir, agar terus semangat demi kabupaten pasuruan yang sejahtera dan maslahat,” ucapnya. (eml/yog)