‘Kebun Binatang Surabaya Harus Didisain Ulang’

460

Pasuruan (wartabromo) – Pemkot Surabaya ditunjuk pemerintah mengelola Kebun Binatang Surabaya (KBS). Di tengah banyaknya permasalahan yang ada di KBS, Pemkot Surabaya harus melakukan disain ulang KBS jika ingin berhasil.

Hal itu disampaikan General Manager Taman Safari Indonesia II Prigen, Pasuruan yang juga Koordinator Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI) wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, Michael Sumampau, Selasa (4/2/2014).

“Harus dilakukan perubahan disain. Jadi KBS mau difungsikan sebagai apa. Dari situ diketahui berapa banyak satwa yang harusnya di sana,” kata Michael Sumampau.

Menurut Michael, permasalahan utama KBS terdapat pada ruang yang tidak memadai sehingga terjadi overload. Banyak sekali kandang sudah tidak sesuai dengan satwa yang dimiliki. Menurut dia, idealnya KBS dijadikan sebagai tempat display satwa, bukan tempat breeding.

“Paling ideal KBS dijadikan sebagai tempat contoh, tidak melakukan breeding di sana. KBS seharusnya hanya untuk memperlihat satwa ke pengunjung, untuk pengembangbiakan dan lain-lain idelanya dilakukan di luar,” terangnya.

Sebagai orang yang pernah terlibat dalam Tim Pengelola Sementara (TPS) KBS, Michael mengatakan KBS sudah overload sejak lebih dari 10 tahun lalu. Saat TPS memimpin, ia menemukan manajemen pengelolaan sangat buruk.

“Waktu itu manajemen tidak benar, pakan satwa juga nggak benar. Banyak sekali. Tempat makan nggak sesuai, gudangnya juga salah, SOPnya juga nggak bener. Itu harus dicarikan solusi,” tandas Michael. (fyd/fyd)