4.600 Linmas Probolinggo Diterjunkan Untuk Pileg

259

tps-rawan-pasuruanProbolinggo (wartabromo) – Sedikitnya 4.600 petugas dari unsur Linmas Kabupaten Probolinggo disiagakan dalam pemilu Legislatif 9 April mendatang. Ribuan petugas ini bakal di fungsikan sebagai pengamanan tidak langsung di sekitar tempat pemungutan suara (TPS).

Meski hanya sehari bertugas, peran Linmas diharapkan mampu mengendalikan situasi keamanan. Masing-masing TPS rencananya akan dijaga oleh dua orang petugas sementara 5 petugas lainnya yang berada di desa sebanyak 330 desa dan kelurahan.

“20 petugas di 24 kecamatan dan 50 petugas di Kantor Kabupaten, daerah yang bakal di cover 2.300 TPS,”ungkap Kepala Kesbang Polinmas Kabupaten Probolinggo Budi Suharjo Jum’at (7/3/2014).

Menurut Budi, jumlah tersebut belum ideal jika melihat cakupan TPS dan wilayah yang luas. Namun, kata Budi Jumlah petugas cukup untuk mendukung keamanan di bawah kendali Polres Probolinggo.

“Petugas Linmas, sudah kita siapkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemilih di setiap TPS, sifatnya membantu pengamana tidak langsung,”terang Budi.

Untuk pengamanan Pileg, anggaran yang di keluarkan oleh Pemkab Probolinggo sebesar Rp 928. 439. 000 untuk semua kegiatan dan termasuk pengadaan baju seragam.

“Kita nantik ada pemantuan dan penghitungan cepat,”pungkas Budi. (rhd/yog)