Ribuan Siswa Gelar Try Out Serentak Jelang Unas

574

unas-di-pasuruanGrati (wartabromo) – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UNAS), Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan menggelar Try Out Ujian Nasional serentak di seluruh sekolah setingkat SMA, Senin (7/4/2014). Total sebanyak 13.817 siswa dari SMA/SMK/MA Negeri/Swasta mengikuiti try out tersebut. Try out bersama ini untuk mata pelajaran yang diujikan, seperti PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran di masing-masing jurusan.

Seperti yang terlihat di SMKN 1 Grati, tak kurang dari 465 siswa kelas XII tengah mengerjakan soal untuk mata pelajaran produktif, dengan diawasi oleh 2 orang guru dari intern sekolah masing-masing.

Menurut Tamari, Kepala SMKN 1 Grati, pihaknya mengaku telah siap untuk melaksanakan ujian nasional yang akan dilaksanakan mulai 14-16 april 2014.

Baca Juga :   Hamili Keponakan, Kuli Bangunan asal Leces Diamankan Polisi

“Kita sudah siap 100% untuk menghadapi unas, sekalipun jadwalnya memang sangat berdekatan dengan pemilu legislative 2014. Try out juga kita adakan sendiri, ditambah dengan bimbel dan pelajaran tambahan yang juga kita berikan,” ujar Tamari.

Sementara itu, Iswahyudi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan mengatakan, tujuan kegiatan try out ini adalah untuk mengasah kemampuan siswa dalam mengikuti UN  kelak.

“Apalagi, biasanya soal try out ini lebih susah dari soal UN sebenarnya. Ini bisa memicu semangat belajar siswa peserta UN nantinya,” tandasnya.

Try out sendiri dilaksanakan selama 3 hari, dengan harapan dapat menambah pengetahuan siswa akan naskah maupun soal yang bervariatif. Oleh karenanya, Iswahyudi menghimbau kepada para siswa, khususnya orang tua, agar selalu mendorong putra-putrinya, untuk mengurangi menonton tayangan televisi, hiburan yang kurang penting atau melakukan aktifitas berat, menjelang pelaksanaan Unas.

Baca Juga :   Innalillahi! Nenek Sebatang Kara Tewas Terpanggang

“Saya meminta kepada para wali murid untuk selalu mengawasi aktifitas anak-anaknya, karena ini hanya kurang beberapa hari saja. Tidak ada salahnya untuk mengingatkan agar lebih meningkatkan porsi belajarnya,” imbuhnya. (eml/fyd)