KPU Probolinggo Sediakan Hadiah Bagi TPS Paling Unik

233

Probolinggo (wartabromo) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo menginstruksikan pada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS) mendesain tempat pemungutan suara (TPS) se-unik mungkin. Hal itu agar bisa menarik lebih banyak pemilih menekan angka golput.

“Sebetulnya tanpa diinstruksikan pun setiap penyelenggara di tingkat KPPS selalu berinisiatif membuat TPS unik dan menarik setiap kali pemilu,” kata Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Zubaidi Senin (7/4/2014).

Zubaidi menyebutkan, pada saat pilkada 2012 lalu, terdapat 4 TPS unik yang bisa menyedot pemilih untuk menggunakan hak pilihnya. 4 TPS itu ada di Kecamatan Dringu, Kecamatan Gading, Kecamatan Kraksaan dan Kecamatan Paiton.

“Hasilnya benar-benar memuaskan di 4 TPS itu, angka golputnya di bawah 0,1 persen,”ungkap Zubaidi.

Mereka TPS yang unik serta menyedot pemilih itu lanjutnya, menggunakan pakaian adat Madura yaitu Busana Sakera, Busana Muslim, Busana Perjuangan Kemerdeka’an, dan Pencak Silat serta busana Penganten.

“Saat itu, kita langsung melakukan penilaian dan bagi TPS yang menang, kami berikan penghargaan berupa hadiah,”ucapnya.

Untuk memacu PPK dan PPS lebih kreatif membuat TPS uni k di Plieg 9 April 2014 ini, KPU juga sudah menyiapkan hadiah. “Kita juga menyediakan hadiah loh,” ujar Zubaidi. (rhd/fyd)