Jamaah Aboge Probolinggo Memulai Puasa Ramadhan Hari Senin

249

Aboge1Probolinggo (wartabromo) – Meski Pemerintah sudah mengumumkan 1 Ramadhan jatuh pada hari minggu tanggal 29 april 2014. Namun Jamaah Aboge (Tahun Alif Rabo Wage) yang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Probolinggo memiliki perhitungan sendiri dan akan berpuasa pada Ramadhan pada Hari  Senin, (30/6/2014) lusa.

“Sesuai perhitungan Aboge, awal puasa jatuh pada Senin Kliwon,” ujarnya Ustad Buri Bariyah pada sejumlah wartawan, Sabtu (28/6/2014).

Menurutnya, penentuan awal puasa Ramadhan 1435 Hijriyah ini, para  Jamaah Aboge itu menggunakan hisab (perhitungan) kalender Jawa yaitu peninggalan Sultan Agung.

Kalender tersebut lanjut Ustad Buri, merupakankalender yang menggabungkan penanggalan Hijiriyah (dengan bulan Qomariyah) dan tahun Jawa (tahun Saka).

“Kami sudah melakukan penghitungan, kalau untuk Aboge sendiri tarawihnya pada Minggu Malam, dan hari senin baru sudah mulai puasa,”tuturnya Kyai Buri.

Di Kabupaten Probolinggo, jama’ah Aboge kurang lebih sebanyak 900 orang tersebar di 10 desa atau di 4 kecamatan yakni Kecamatan Dringu, Leces, Tegalsiwalan dan Bantaran.

“Yang paling banyak jama’ah aboge ini, ada di desa Sumber Suko Kecamatan Dringu dan di Leces sendiri,”pungkas Ustad Buri Bariyah. (rhd/yog)