Bagi-bagi 158 Traktor, Dirjen Kementrian : ‘Jangan Sampai ada Gapoktan Abal-abal’

781

traktor-pasuruanPasuruan (wartabromo) – Sebanyak 158 unit traktor dibagikan oleh Pemerintah kepada para petani di Kabupaten Pasuruan. Pemberian traktor tersebut dilakukan secara langsung oleh Dirjen Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanian, Gatot Irianto, di Desa Siyar, Kecamatan Rembang, Pasuruan, Selasa (31/3/2015).

Dalam pemberian bantuan hand tracktor tersebut, pemerintah telah melakukan proses verifikasi gapoktan yang sangat ketat. Tujuannya agar bantuan tepat sasaran dan benar-benar dimanfaatkan para petani.

“Jangan sampai ada gapoktan abal-abal yang menerima bantuan. Kami sangat berhati-hati,” tegas Gatot.

Menurutnya, melalu dana kontinjensi 2014, refocusisasi pertanian dan APBNP 2015 para petani mendapatkan bantuan 30.000 hand tracktor melalui gabungan kelompok tani (gapoktan) se-Indonesia. Para petani di Jawa Timur mendapatkan jatah 3.000 hand tracktor, sementara petani di Kabupaten Pasuruan menerima 158 unit.

Baca Juga :   Membahayakan, Polisi Pasang Police Line Sungai Prono

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, Ihwan menyampaikan bahwa dengan bantuan sarana prasarana ini, dia menjamin produktifitas tanaman padi akan mengalami kenaikan.

“Pada 2014 lalu, dengan luasan lahan tanam sebesar 68.000 ha, padi yang dihasilkan sebanyak 661.000 ton. Kami targetkan produksi padi Pasuruan akan mencapai 750.000 ton,” ujar Ihwan. (jo/yog)