Monyet Ekor Panjang Gunung Baung Rusak Tanaman Padi Petani

962

monyet-ekor-panjang purwodadiPurwodadi (wartabromo) – Hektaran tanaman  siap panen milik warga di Desa Kertosari Kecamatan Purwodadi dirusak oleh puluhan monyet liar yang turun dari alas Gunung Baung, Purwodadi.

Warga menduga binatang tersebut turun dari gunung lantaran kelaparan akibat kehabisan makanan.

Informasi yang didapatkan wartabromo dari warga setempat, hampir setiap hari mereka  terpaksa harus mengawasi sawah dan ladangnya lantaran monyet liar tersebut biasanya menyerang dalam jumlah yang cukup banyak.

“Jumlahnya mencapai 50 ekor , mereka biasanya lewat  pohon yang berada di  samping lahan sawah, turun dan memakan biji padi hingga tinggal batangnya, “ ujar Komari salah seorang Petani Desa setempat.

Satwa itu juga, lanjut Komari, merobohkan tanaman padi dan sejumlah tanaman lainnya hingga rusak. Padahal, padi-padi tersebut sudah waktunya dipanen.

“Kami berharap bisa dicarikan solusinya. Karena bisa gagal panen ini,” kata Komari.

Untuk diketahui Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Baung memiliki luas 195,50 Ha. Didalam kawasan ini terdapat banyak binatang antara lain kijang, babi hutan,macan tutul,lutung,monyet ekor panjang dan juga Lutung hitam. Untuk monyet ekor panjang, tampaknya cukup berkembang biak pesat sehingga dimungkinkan kawasan gunung baung tak cukup menyediakan makanan sehingga monyet ini kerap turun ke lading petani. (yog/yog)