Setahun Terjadi 60 Kasus Kebakaran, Pemkab Beli Mobil Damkar 3, 7 Miliar

524

image

Pasuruan (wartabromo) – Sebagai salah satu daerah industri Kabupaten Pasuruan memiliki tingkat kejadian kebakaran yang cukup tinggi. Tercatat ada 60 kasus kebakaran di sepanjang tahun mulai dari kebakaran perusahaan, kebakaran rumah penduduk maupun kebakaran alam.

Alasan tersebut mendasari Pemkab Pasuruan untuk menambah 1 unit kendaraan rescue komando ford ranger double cabin dan 2 unit mobil kebakaran dengan kapasitas isi 5 sampai 6 ribu liter.

Pengadaan kendaraan damkar tersebut menelan biaya Rp. 3,7 milyar yang diambilkan dari dana anggaran pendapatan belanja daerah.

Bupati Pasuruan Irsyad yusuf saat dikonfirmasi menuturkan, mobil Damkar baru dibeli tersebut dilengkapi dengan 9 pompa yang berfungsi untukĀ  melindungi kendaraan dari kebakaran.

“Jadi kendaraan Damkar baru ini bisa mendekati lokasi kebakaran karena seluruh badan kendaraan terlindungi air yang keluar dari 9 titik pompa” jelas Irsyad saat menyaksikan uji coba mobil damkar di halaman Pendopo Pasuruan, Rabu (8/7/2015).

Sementara itu, dua unit mobil kebakaran milik pemkab sebelumya yang memiliki kapasitas isi lebih kecil rencananya akan tetap difungsikan sebagai cadangan.

“Kita mencatat setiap tahun ada 60 kasus kebakaran,” ungkap Bupati. (egy/yog)