Bongkar Tugu Adipura, Solusi Kemacetan Bangil

1882
Foto: Tugu Adipura Bangil

Bangil (wartabromo) – Keberadaan Tugu Adipura Bangil menjadi salah satu penyebab kemacetan. Polisi dan Pemkab Pasuruan sepakat tugu tersebut harus segera dibongkar dan dipindah ke lokasi lain.

Kasat Lantas Polres Pasuruan, AKP Hendro Gunanawan, mengungkapkan pemindahan tugu tersebut merupakan keniscayaan karena jika tidak dilakukan kemacetan di sekitar Bangil akan terus terjadi.

Jalur di mana berdiri Tugu Adipura merupakan jalan protokol yang menghubungkan Surabaya-Banyuwangi yang selama ini dijadikan satu jalur dari arah Surabaya. Sedangkan, kendaraan dari arah Banyuwangi terlebih dulu harus masuk ke kiri arah Pandaan kemudian di pertigaan perlintasan kereta api diarahkan ke barat menuju Surabaya.

“Masalahnya jalan yang dilintasi kendaraan arah Banyuwangi itu sempit dan banyak pertokoan, jadi sama saja macet. Akan lebih baik jika tugu dibongkar dan kendaraan dari arah Banyuwangi langsung lurus,” kata Hendro, Rabu (2/9/2015).

Baca Juga :   'Pemda Pasuruan Miskin Ide Meski Punya Pak Sakera'

Pemerintah Kabupaten Pasuruan bersepakat membongkar Tugu Adipura Bangil demi mengurangi kemacetan. “Tugu bisa dipindah ke sisi selatan alun-alun,” kata Bupati Pasuruan, M Irsyad Yusuf.

Kata dia, saat ini polisi dan pemerintah tengah melakukan kajian terkait pemindahan tugu tersebut. (fyd/fyd)