Kebakaran Belum Padam, Ada 3 Rombongan Pendaki di Puncak Arjuno

0
234
Foto: Bayu dan temannya, pendaki asal Depok Jawa Barat

Prigen (wartabromo) – Hutan di Gunung Arjuno tengah terbakar dan sampai petang hari, belum padam. Di saat api terus meluas, diketahui masih ada 3 kelompok pendaki yang menuju puncak.

“Tadi pagi saat kami berada di atas bepapasan dengan rombongan pendaki yang naik. Selain itu juga ada 2 kelompok lagi yang berada dalam tenda,” kata Bayu (20), pendaki asal Depok, Jawa Barat di Pos Perijinan Tretes, Prigen, Pasuruan, Kamis (10/9/2015) petang.

Bayu yang tengah turun dengan rombongannya mengaku tidak mengetahui hutan tengah terbakar. Karena itu, saat berpapasan dengan kelompok pendaki tersebut mereka hanya bertegur sapa dan melakukan komunikasi perihal pendakian.

“Sampai di bawah baru tahu ada kebakaran,” terang Bayu.

Pihak Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo menutup semua jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang demi keselamatan para pendaki. Penutupan pendakian Gunung Arjuno-Welirang di semua pintu masuk yakni Pos Prigen, Pasuruan; Pos Lawang, Malang; Pos Cangar, Kota Batu dan Pos Mojokerto.

Pihak Pos Perijinan Prigen mengatakan, para pendaki yang berada di atas berangkat mendaki pada hari Rabu. “Itu yang berangkat mendaki kemarin,” kata petugas jaga di Pos Progen, Anjar.

Pusat kebakaran berada di Blok Lengkuan masuk wilayah Desa Tawangargo, Karangploso. Lokasi berada di perbatasan Kota Batu dan Kabupaten Malang. Belum diketahui pasti penyebab dan awal mula kebakaran dan luasan lahan.

Titik awal api berasal dari hutan yang masuk kewenangan Perhutani kemudian menjalar ke wilayah Tahura. Sampai berita ini dilansir, kebakaran belum padam. (egy/fyd)