Jumlah Pendaki Arjuna Naik 300 Persen Jelang Tahun Baru

785

arjunoPrigen (wartabromo) – Menjelang pergantian tahun jumlah pengunjung wisata pendakian Gunung Arjuno-Ringgit-Welirang mengalami peningkatan 300% dibanding hari biasa. Kenaikan jumlah pengunjung terjadi sejak tanggal 22/12 hingga hari ini, Rabu (30/12/2015).

Menurut Kasi Pendakian Pengelola Taman Hutan Raya Raden Soerjo, Agus Budi Utomo, pihaknya mencatat ada 1200 pendaki yang telah ijin. Disamping liburan sekolah, banyak pendaki yang bermaksud mengisi pergantian tahun di kawasan puncak Gunung Arjuno.

Pengunjung tidak saja datang dari wilayah Jatim, melainkan dari beberapa daerah di Pulau Jawa seperti Jakarta, Bogor, Bandung dan Madura.

Gunung Arjuna yang memiliki ketinggian 3.339 mdpl sering kali dijadikan tujuan wisata para pendaki saat liburan tiba. Meski tidak ada persiapan khusus, pengelola wisata pendakian Gunung Arjuno Ringgit Welirang menghimbau agar para pendaki mempersiapkan perbekalan peralatan dan sarana pendakian yang memadai.

Selain itu, karena cuaca yang tidak menentu diharapkan agar para pendaki tidak memaksakan diri ketika cuaca kurang bersahabat dan tidak memungkinkan. “Ketika ada badai atau turun kabut sebaiknya pendaki mendirikan tenda dan istirahat, karena berbahaya untuk diteruskan,” jelas Agus.

Pendaki diharapkan mewaspadai munculnya angin kencang, petir serta kabut yang bisa datang secara tiba-tiba di kawasan gunung yang secara administratif berada di Kabupaten Pasuruan, Mojokerjo, Malang dan Kota Batu.

“Nggak ada kenaikan harga tiket, tetap Rp. 8.200. Rp. 5.200 untuk Tahura dan Rp. 3.000 untuk perhutani. termasuk asurans,” tambah Agus Budi Utomo.

Diperkirakan jumlah pengunjung akan terus bertambah hingga akhir 2015 mendatang. (egy/fyd)