Satlantas Siap Hadapi Kemacetan Simpang Empat Taman Dayu Saat Arus Mudik

656
Foto ilustrasi kemacetan Simpang Empat Taman Dayu

Bangil (Wartabromo) – Mengantisipasi terjadinya macet di simpang empat Taman Dayu Pandaan saat arus mudik dan arus balik lebaran mendatang, Satlantas Polres Pasuruan telah menyiapkan pola dan strategi untuk mengatasinya. Salah satunya melakukan kontra flow bagi lajur yang padat serta buka tutup arus.

“Kondisional saja, kalau buka tutup masih bisa ya jalankan tanpa harus kontra flow,” kata Kasatlantas polres Pasuruan, AKP Ryan Septia Kurniawan, Selasa (28/6/2016).

Pemberlakuan kontra flow akan dilakukan ketika pol buka tutup kurang efektif dan antrean memanjang. Rian menambahkan, jajaranya siap melakukan pengalihan arus ketika simpang empat Taman Dayu mengalami crossing parah.

Jalur Surabaya-Malang akan dialihkan melalui Bangil-Sukorejo. Pengalihan arus akan dilakukan dari arteri Gempol dan Simpang Tiga Sukorejo.

“Pengalihan arus Surabaya-Malang melalui Bangil-Sukorejo ini solusi berikutnya ketika dua langkah diatas tidak clear,” tandas Rian.

Seperti diketahui, simpang empat Taman Dayu sering kali mengalami kemacetan dan antrean kendaraan hingga berkilo-kilo meter ketika liburan tiba. Saat arus mudik dan balik, diperkirakan persimpangan ini juga alami kemacetan.

Keberadan exit tol di kawasan Taman Dayu justru menjadi salah satu penyebab kemacetan. Petugas lalu lintas pun kerap kali dibuat kewalahan saat liburan tiba karena lalu lintas padat. (git/fyd)