Dinkes Pasuruan Awasi Ketat Penyimpanan Vaksin

832

Pasuruan (wartabromo) – Terbongkarnya kasus vaksin palsu yang beredar di sejumlah wilayah di Jakarta terus mendapatkan perhatian dari sejumlah pihak untuk mengantisipasi peredarannya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan secara khusus memberlakukan pengawasan khusus dengan membentuk tim monitoring dan evaluasi agar keberadaan vaksin yang ada di wilayahnya benar – benar terjaga keasliannya.

“Kita terus melakukan monev termasuk memastikan agar vaksin yang diterima sudah sesuai dengan standartnya, ” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Loembini Poedjiati, Rabu (29/6/2016).

Menurutnya, pihaknya tidak segan – segan akan menarik keberadaan vaksin di sejumlah layanan kesehatan milik Pemerintah jika tidak memiliki ruang penyimpanan yang sesuai dengan standartnya.

Baca Juga :   Pria Berkemeja Kotak-kotak Tewas di Terminal, Tak Ditemukan Identitas

“Kemarin, di RSUD Bangil ruang penyimpanannya masih belum sesuai maka kita langsung tarik dan minta perbaiki. Dan sekarang sudah sesuai, ” tegasnya.

Dijelaskannya, vaksin bisa rusak apabila disimpan tidak sesuai standart karena itu pihak Dinas Kesehatan selalu melakukan perjanjian kerjasama dengan pihak yang bersangkutan.

“Kita pastikan vaksin yang sudah ada di Puskesmas atau layanan resmi Pemerintah itu asli karena langsung dari distributor resminya, ” katanya. (yog/yog)