863 CJH Kabupaten Pasuruan Siap Berangkat ke Tanah Suci

718

Pasuruan (wartabromo) – Calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Pasuruan yang akan berangkat tahun ini mencapai 863 orang. Jumlah tersebut meningkat dari tahun lalu 759 jamaah.

Para jamaah ini akan mulai diberangkatkan pada awal September 2016 mendatang. Saat ini para calon jamaah tengah menjalani pembinaan manasik haji kelompok, yang dilaksanakan masing-masing KUA (Kantor Urusan Agama) kecamatan.

“Kalau satu kecamatan ternyata jumlahnya kurang dari 45, maka bergabung bersama kelompok dari kecamatan lain. Contohnya saja Purwosari, Purwodadi dan Wonorejo yang jumlah jamaahnya sedikit, jadi kami gabungkan saja supaya pembinaannya juga cepat selesai,” kata Barnoto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, Sabtu (23/7/2016).

Lebih lanjut Barnoto menambahkan, manasik haji kelompok sudah dilaksanakan sejak Rabu (20/07) lalu, dan akan dilaksanakan selama 6 kali, di 14 KUA yang telah ditentukan. Selain manasik haji kelompok, pihaknya juga akan menggelar manasik haji massal yang akan dilaksanakan selama dua kali, yakni pada tanggal 27 Juli mendatang, dan jelang keberangkatan.

Baca Juga :   Warga Terdampak Pencemaran Sungai Wangi: Kami Dijajah Limbah!

“Kalau untuk tanggal pasti bagi jamaah yang akan berangkat haji, masih belum diumumkan oleh Kanwil ataupun pemerintah pusat, sehingga yang bisa kita lakukan hanyalah menunggu sampai pengumuman itu keluar, begitu juga dengan kloter juga belum keluar,” imbuhnya.

Barnoto berharap agar ketika mendekati pemberangkatan, tidak ada jamaah yang mutasi keluar, alias ikut bersama rombongan jamaah dari daerah lain.

“Kalau sampai dengan hari ini, jumlah jamaah yang mutasi keluar sudah sebanyak 240 jamaah, dan yang mutasi masuk ada 8 jamaah, serta ditambah dengan tim pembimbing haji daerah (TPHD) sebanyak 6 oarng, cadangan berangkat 2 orang, dan jamaah yang yang sudah lunas 1087, sehingga total jamaah calon haji Kabupaten Pasuruan yang berangkat tahun ini sebanyak 863 jamaah,” pungkasnya. (mil/fyd)