Diterjang Banjir, Tanggul Penahan Jembatan Sedodol Jebol Lagi

879

Kraton (wartabromo.com) – Setelah sebelumnya dilakukan perbaikan, jembatan Sedodol di Desa Plinggisan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan kembali ambrol diterjang banjir, Selasa (24/1/2017) sore.

Tanggul penahan di sisi selatan jembatan ambrol karena tidak mampu menahan derasnya air banjir sungai welang meski sebelumnya sudah di tutup dengan tumpukan karung yang di isi pasir (sunbag). Bahkan, beberapa karung diantaranya ada yang ikut hanyut dan beberapa lainnya bergeser posisinya.

Kepala seksi pemeliharaan rutin dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Eko Bagus yang berada di lokasi mengatakan untuk menghindari ambrolnya jembatan lebih parah pihaknya akan mengganti dengan beronjong yang di isi dengan batu.

IMG-20170125-WA0031

“Jembatan ini adalah salah satu jalan alternatif jika jalur utama Pasuruan-Surabaya terputus akibat banjir yang menggenang jalan raya Kraton, maka secepatnya akan kita ganti dengan beronjong batu,” terang Eko Bagus pada wartabromo.com, Rabu (25/1/2017).

Baca Juga :   Hari ini, Warga Dusun Keputran Pasuruan Sudah Lebaran

Menurutnya, pihaknya berjanji akan segera mengganti karung baru dengan kawat beronjong yang di isi batu, mengingat kekuatan untuk menahan derasnya air lebih bagus dari pada tumpukan karung yang di isi pasir.

“Dari pada seperti ini agar akses jalan bisa di lalui, secepatnya kita akan bongkar karung yang terpasang ini,” lanjut Eko, kepada wartabromo.com.

Hingga kini, jembatan Sedodol terus diupayakan agar bisa dilalui kendaraan meski harus ekstra hati-hati sambil menunggu perbaikan permanen oleh pihak Balai Besar Propinsi Jawa Timur. (har/yog)