Penculikan Sukarela

1333

“Isu penculikan itu bukan hoax, Mas Firman.” Bisik Gus Hafidz di warung Cak Manap.

“Benar-benar terjadi, tapi entah bagaimana masyarakat kok tenang-tenang saja.”

Karena yang bilang Gus Hafidz, Firman Murtado langsung percaya. Gus Hafidz tak pernah berkecimpung di dunia politik, tak pernah menjajakan proposal buat mbangun musholla atau pesantren. Tak pernah bersedia menjadi tim sukses saat pemilu apapun. Tak pernah sekalipun mendirikan atau menjadi anggota LSM, mendaftar jadi pekerja musiman program pemerintah tak jelas juntrungnya apalagi mendaftar jadi pegawai negara.

Gus Hafidz juga tak pernah main-main hukum fikih dan beliau sudah cukup makmur dengan berbagai macam bisnis halalnya. Jika diundang pengajian pun, Gus Hafidz seringkali mensedekahkan lagi amplop pemberian panitia. Maka syarat untuk mempercayai ucapan Gus Hafidz sudah mendekati lengkap. Tak ada indikasi nggedabrus sama sekali dalam diri Gus Hafidz.
Maka Firman Murtado koar-koar ke seantero kampung, kecamatan, kabupaten, propinsi bahkan ke berbagai benua melalui akun sosial medianya yang selalu gonta-ganti nama dan foto profil itu.

Baca Juga :   Topik Update 24 Mei : Kebakaran RSUD Bangil

“Jangan teledor meski pihak terkait bilang hoax. Penculikan itu benar-benar terjadi. Hati-hati menjaga anak. Jangan hanya sibuk mencari beras. Jangan hanya ayam yang dimasukkan kandang, anak-anak awasi lebih ketat.” Celotehnya di salah satu akun media sosialnya.

penculikan

Ternyata pernyataan Firman Murtado itu bikin resah masyarakat. Orang marah karena pihak terkait sudah berkali-kali bilang hoax, Firman Murtado malah ngotot kalau isu penculikan itu benar. Para worchaholic atau manusia yang terlahir untuk bekerja, resah. Hobi mereka kerja tak kenal waktu, bisa terganggu karena harus menjaga anak-anak di rumah. Selama ini sudah bisa tenang karena anak-anak dititipkan sama pembantu, game online atau dipasrahkan sama gadget. Lha sekarang mereka waswas. Kalau benar-benar diculik, dapat dari mana membayar uang tebusan?

Baca Juga :   Ini Cerita Penangkapan Setiyono versi KPK

Sebelumnya masyarakat sudah gembira karena isu penculikan itu tidak benar. Suami-istri bisa kerja siang malam untuk biaya belanja online, membeli apa saja yang ditawarkan iklan, memuaskan hobi wisata kuliner, mengkredit motor tiap kali di-launching bahkan membeli apa saja yang biasanya langsung tak terpakai. Orang merasa dirugikan karena harus membayar gaji tambahan pembantu untuk mengasuh anak-anak. Atau paling tidak, harus pasang CCTV atau melengkapi segenap permintaan anak agar tak main jauh-jauh.

Pada ahirnya, masyarakat ramai-ramai mendatangi rumah Pak RT untuk mengadukan tindakan Firman yang membikin resah warga. Ketika Firman Murtado diklarifikasi oleh warga di rumah Pak RT, ia hanya menjawab “kata Gus Hafidz bukan isu.”

“Kenapa kita harus percaya Gus Hafidz, wong pihak terkait bilang ini hanya isu, kok?” semprot seorang warga.

Baca Juga :   Koran Online 17 Juli : Jambret Sasar Pengendara Sepeda Angin, hingga 2 Tahun Warga Liprak Kidul Tanpa Air Bersih

“Karena Gus Hafidz jarang berbohong. Pihak yang mengatakan kalau penculikan hanya isu kan, sudah sering kurang jujur? Dulu bilang begal sudah diamankan, nyatanya tipa hari masih tetap terjadi?” para warga diam-diam membenarkan juga ucapan Firman Murtado. Untungnya Pak RT punya inisiatif untuk melakukan teleconference dengan Gus Hafidz yang sedang mengajar ngaji di surau. Pak RT langsung melakukan panggilan video dengan Gus Hafidz, HPnya ditaruh di atas meja, di hadapan para warga.

“Gus, apa benar isu penculikan itu bukan hoax?” tanya Mas Bambang tanpa basa-basi.

“Benar, Mas Bambang.” Jawab Gus Hafidz di layar HP Pak RT.

“Lho, pihak terkait sudah konferensi pers, katanya cuma hoax, gus?” sambung Mas Fendi bank titil.

“Wong masih marak, kok?” kilah Gus Hafidz.