Embat Sepeda Angin, Pemuda Asal Pakuniran Dihajar Massa

844

Probolinggo (wartabromo.com) – Aneh-aneh saja kelakuan Hidayat (35), warga Desa Sogaan, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo. Ia nekat mencuri sepeda angin yang sudah mulai berkarat di Desa Binor, Kecamatan Paiton, hingga dihajar massa dan dijebloskan ke sel tahanan Polsek Paiton, Sabtu (20/1/2018).

Saat itu, pelaku datang ke warung Sudaryati (50), warga Desa Binor, untuk makan. Namun, saat Sudaryati lengah, pelaku kemudian membawa kabur sepeda pancal milik Nur Hasanah, keponakan Sudaryati. Sepeda itu, setiap harinya selalu dititipkan ke warung itu ketika Nur Hasanah pergi ke sekolah.

“Awalnya saya tak menyadari kalau sepeda yang dibawa itu milik keponakan saya. Ketika saya teliti ternyata itu milik keponakan yang dititipkan di warung. Sehingga saya mengejarnya,” tutur Sudaryati.

Dengan dibantu warga sekitar, aksi Hidayat berhasil digagalkan. Bahkan, bogem mentah dari warga melayang ke tubuh Hidayat. Beruntung aksi itu dapat dicegah oleh Kepala Desa Binor, sehingga ia terbebas dari amuk massa. Selanjutnya pelaku dibawa ke kantor desa untuk diamankan.

“Dari penuturan warga, pelaku sempat meminta tali ke warga dengan alasan mau mengikat pupuk ke motornya. Eh, ternyata dipakai untuk mengikat sepeda pancal itu. Beruntung aksi itu berhasil digagalkan warga,” kata Kepala Desa Binor, Hostifawati.

Oleh pihak pemerintahan desa, Hidayat kemudian diserahkan ke Polsek Paiton. Oleh polisi, pelaku dijerat dengan pasal 362 KUHP. “Pelaku ini ternyata merupakan residivis kasus pencurian,” ungkap Kanit Reskrim Polsek Paiton, IPDA Ade Maman. (cho/saw)