Jalan Condong-Wangkal Digelontor Rp 5 M

1255

Probolinggo (wartabromo.com) – Kerusakan ruas jalan penghubung antara Desa Condong dengan Desa Wangkal, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, akan diperbaiki. Pemkab Probolinggo telah menyiapkan dana sebesar Rp 5 miliar, bersumber dari APBD.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo, Prijono mengatakan, perbaikan jalan penghubung Condong-Wangkal direncanakan tuntas tahun ini.

Ia menjelaskan, untuk perbaikan jalan penghubung Condong-Wangkal pada beberapa titik tidak sama. Pihaknya menggunakan kombinasi beton atau rigid untuk jalan yang tanahnya bergerak. Sedangkan, jalan yang tanahnya stabil akan di-hotmix.

“Rencana perbaikan masih akan dilelang dan ditentukan titik paket perbaikannya. Kami berharap, dengan program kegiatan jalan kabupaten mantap, bisa segera menuntaskan perbaikan jalan rusak, terutama, jalan kabupaten,” ujarnya, Jumat (2/3/2018).

Baca Juga :   Hey!! Polisi Sudah Kerja Kantoran Membantu Polisi, Bagaimana ya Perasaannya??

Dari data DPUPR, sejak tiga tahun terakhir Pemkab Probolinggo sudah berupaya memperbaiki di jalan penghubung Desa Condong-Desa Wangkal. Pada 2015, pemkab mengalokasikan dana Rp 2 miliar untuk memperbaiki jalan sepanjang 2 kilometer.
Setahun kemudian, Pemkab Probolinggo juga mengalokasikan anggaran untuk perbaikan.
Dengan dana sebesar Rp 2 miliar memperbaiki jalan sepanjang 2 kilometer. Kemudian, tahun 2017, dialokasikan dana sekitar Rp 1,8 miliar, untuk memperbaiki jalan sepanjang 1,9 kilometer.

Selama 3 tahun itu, total jalan kabupaten yang diperbaiki mencapai sekitar 5,9 kilometer. Sementara pada data tahun 2017, kerusakan jalan ini mencapai sekitar 7,7 kilometer. “Kami terus prioritaskan jalan mantap di Kabupaten Probolinggo,” tandas mantan Kepala PU Cipta Karya ini. (cho/saw)