Bromo Ditutup, Wisatawan Asing Nikmati Keindahan Kota Probolinggo

0
314

Probolinggo (wartabromo.com) – Rombongan wisatawan kapal pesiar Seabourn Encore menikmati wisata Kota Probolinggo. Para turis itu menghabiskan waktu lebih lama di sejumlah destinasi menjelang Hari Raya Nyepi Umat Hindu.

Setidaknya 600 wisatawan asing dari berbagai negara mengunjungi wilayah Kota Probolinggo, Jumat (16/3/2018). Para penumpang kapal menikmati City Tour Kota Probolinggo. Mulai dari Pelabuhan Tanjung Tembaga, Alun-alun kota, gereja merah, Museum Probolinggo, Pasar Baru, Klenteng Tri Dharma, sampai Bee Jay Bakau Resort (BJBR).

Salah satu wisatawan asal Belgia, Maxtouh mengatakan, keindahan Kota Probolinggo diketahuinya dari travel map yang diberikan oleh agen travel. Sehingga ia penasaran dan sengaja berlibur ke Kota Probolinggo, untuk mengunjungi sejumlah tempat yang kaya dengan budaya dan wisata alamnya.

“Saya sangat suka Probolinggo, warganya sangat ramah. Tadi sempat ke pasar tradisional, beli makanan di sana. Tidak tahu namanya, tapi enak dan tidak ada di negara saya. Selain itu, beragam budaya dan kesenian yang bagus kita saksikan di sini,” tutur perempuan berusia 45 tahun tersebut dalam bahasa Inggris.

Koordinator Tour wisatawan, Kholid Anshori mengungkapkan, jika 600 wisatawan yang ke Probolinggo kali ini, terbagi dalam beberapa kelompok. Mereka blusukan ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Kota Probolinggo.

“Tujuan utama sebagian wisatawan tersebut ke Probolinggo. Sebab, informasi yang kami dapat, kawasan wisata Bromo ditutup lantaran adanya hari raya Nyepi,” kata Kholid.

Sementara itu, Kepala Bidang Promosi Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo, Suci Ningsih menuturkan, kapal pesiar Seabourn Encore bukanlah kapal pesiar pertama, datang ke Kota Probolinggo. Sejak beberapa tahun yang lalu, banyak kapal pesiar, rutin berkunjung ke Kota Mangga ini.

“Sebelumnya juga ada kapal lain yang berkunjung dan setelah ini juga ada. Biasanya setiap kapal akan singgah sekitar enam jam di Probolinggo. Para penumpang akan city tour di rute yang telah ditentukan,” kata Suci. (fng/saw)