Bingung Isi Libur Lebaran? Berikut Lokasi Wisata untuk Referensi Anda

1391

Pasuruan (wartabromo.com) – Bingung isi libur lebaran yang relatif panjang tahun ini? Tak ada salahnya untuk melewatinya dengan berlibur bersama keluarga.

Nah, Pasuruan yang topografinya berupa dataran tinggi dan pegunungan menyimpan banyak tempat wisata menawan. Daripada bengong di rumah, ada baiknya berkunjung ke sana.

Berikut daftar lokasi wisata yang layak dijadikan referensi untuk mengisi waktu liburan Anda:

1. Kawasan Wisata Tretes, Pasuruan

Anda yang hobi bersantai sambil menikmati panorama pegunungan bisa menjadikan tempat ini sebagai rujukan.

Di tempat ini, Anda bisa bersantai sambil menikmati sajian jagung bakar dan juga ronde, minuman khas yang banyak tersedia di warung-warung tenda di kawasan ini. Dari jalan raya Pandaan-Malang, perjalanan biasa ditempuh dalam 15 menit.

2. Air Terjun Kakek Bodo

Masih di kawasan Tretes, Anda juga bisa mampir ke air terjun ini. Meski debit air sedikit menurut karena musim kemarau, panorama yang tersaji dijamin tetap menarik. Cocok bagi penghobi selfie maupun wefie.

Baca Juga :   KPU Tak Bisa Diskualifikasi HATI yang Enggan Ikuti Debat

3. Air Terjun Putuk Truno

Belum puas dengan pemandangan di Kakek Bodo, Anda bisa melanjutkan ke Air Terjun Putuk Truno. Lokasinya, sekitar 1 kilometer dari Kakek Bodo.

4. Taman Safari Indonesia (TSI) II

Nah, khusus yang ini, recomended buat Anda yang pecinta satwa. Khususnya bagi Anda yang ingin memperkenalkan anak-anak terhadap satwa-satwa endemik asal Indonesia.

5. Kebun Pak Budi

Dibanding lokasi wisata yang lain, objek wisata ini terbilang baru. Seperti namanya, di tempat ini, pengunjung bisa belajar tentang bagaimana cara bertani dan berkebun yang baik. Dari Raya Purwosari, lokasi ini bisa diakses hanya dalam waktu 15-20 menit.

6. Kebun Raya Purwodadi

Nama objek wisata ini sudah cukup populer. Selain keberadaannya yang memang sudan lama, lokasinya yang tepat berada di sisi kiri jalan raya Purwodadi membuatnya mudah dikunjungi. Dengan koleksi tanaman yang ribuan jumlahnya, tempat ini tetap menarik untuk dihinggapi.

Baca Juga :   Innalillahi, Anggota KPPS Desa Wotgalih Meninggal Dunia

7. Air Terjun Baung

Jika proses renovasi yang berlangsung sejak tahun lalu sudah beres, tak ada salahnya juga mampir kesini. Lokasinya tepat berada di belakang Kebun Raya Purwodadi. Tapi ingat, Anda yang memiliki gejala penyakit jantung, sangat tidak disarankan kesana mengingat akses ke air terjun yang cukup curam.

8. Pemandian Banyubiru

Bosan dengan objek wisata di wilayah barat Pasuruan, Pemandian alam Banyubiru yang berada di Winongan bisa menjadi pilihan. Airnya yang jernih cocok untuk tempat berendam, sekadar mengusir penat.

9. Wisata Mangrove

Sisa liburan masih panjang? Cobalah untuk menikmati panorama yang sedikit berbeda dengan biasanya. Wisata Mngrove Nguling, Anda bisa menikmati sajian angin pantai, lengkap dengan lebatnya pohon mangrove. Tak usah kuatir. Karena di kawasan ini, juga dilengkapi gazebo-gazebo untuk bersantai. Cukup 15 menit dari Jalan Raya Nguling ke arah utara.

Baca Juga :   Duka Selimuti Pemakaman Remaja Asal Lecari yang Tewas saat Pertahankan Motor

10. Pasar Ikan Asap

Nah, lokasi yang satu ini cocok buat Anda yang tak banyak waktu. Berlokasi di Kedungboto, Pasar Ikan Asap ini banyak menyajikan menu ikan asap khas tradisional. Cocok untuk oleh-oleh bagi Anda yang baru pulang dari mudik. Dari alun-alun Bangil, bisa ditempuh dalam 15-20 menit.

11. Perkebunan Apel

Bagaimana bentuk dan rupa tanaman apel yang Anda biasa makan, cobalah datang ke Nongkojajar, Tutur. Akses jalan bisa ditempuh dari pertigaan Purwodadi ke kiri. Atau sekitar 30 menit dari Raya Purwodadi-Malang.

Selain menikmati panorama alam pegunungan, di tempat ini, Anda juga bisa merasakan sensasinya memetik buah apel langsung dari pohonnya.

Artikel ini disusun untuk menjadi panduan mengisi libur lebaran.