Pilwali Probolinggo, 4 Paslon Yakin Raup Suara Lebih 40%

764

Probolinggo (wartabromo.com) – Gelaran Pilwali Probolinggo pada 27 Juni 2018 besok, dipastikan diikuti oleh 4 pasangan calon (Paslon). Menariknya ke-empat paslon yakin menang dengan perolehan lebih dari 40%.

Diketahui, terdapat empat paslon, kontestan di Pilwali Probolinggo Tiga kandidat diusung oleh parpol, sementara satu lainnya berangkat melalui jalur perseorangan. Mereka adalah paslon independen Suwito-Fery Rahyuwono (Wi-Fy). Kemudian Fernanda Zulkarnain-Zulfikar Imawan (Sang Tretan), Syamsu Alam-Kulup Widyono (Alam-Ku) dan Hadi Zainal Abidin. – Soufis Sobri (Handal-Brillian).

Keempat paslon sama-sama optimistis bisa memenangi Pilwali Probolinggo dengan angka diatas 40%. Artinya, paslon yakin meraup suara sekitar 65.4268 dari 163.567 jiwa DPT. Sebab, selain sudah punya modal awal, mereka yakin kampanye yang dilakukan mampu mendongkrak perolehan suara.

Pasangan nomor urut 1 Wify, yakin mampu mendulang sekitar 40% dari modal awal dukungan 10 persen. “Suara itu riil yang kami peroleh dan sampai saat ini masih solid. Koordinasi yang kami lakukan terus secara berkala. Kami tidak menargetkan lebih dari itu. Dengan empat paslon, kami cukup mengantongi angka tersebut,” kata Ketua Tim Pemenangan Wify Dwi Suryadi.

Sementara Sang Tretan dengan nomor urut 2, tidak mau secara vulgar menyebut target realistis yang akan diraih. Meski begitu, paslon yang didukung oleh 4 parpol pemilik 15 kursi di DPRD, ykni, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Gerindra, PPP, serta dua parpol nonparlemen yakni PAN dan PBB, yakin menang besar.

“Target kami menang. Mengenai besaran suara, kami tidak ada target khusus. Sebab partai-partai pendukung dan pengusung intensif untuk melakukan kampanye. Saat ini kami juga fokus mempersiapkan pelatihan saksi di masing-masing kantor partai pengusung,” kata Muchlas.

Kurniawan, Ketua Tim Pemenangan Sang Tretan.
Paslon Alam-Ku sendiri menargetkan perolehan suara berada di angka 45%. Target itu merujuk pada militansi pendukung PDIP menjadi kekuatan paslon tersebut. Disebutkan, suara PDIP saat pileg 2014, mencapai 32 ribu suara. Selain mengandalkan suara parpol, paslon nomor urut 3 ini, juga mengais suara dari relawan sebesar 30 ribu.

“Jika ditotal semuanya sekitar 60 ribu. Itu, semua data riil yang kami dapatkan. Jadi, dengan adanya dukungan ini, target kami pasti akan terpenuhi. Jadi sangat wajar jika kami menargetkan raihan sebesar itu,” kata Tim Pemenangan Paslon Alam-Ku, Bachtiar Abdullah.

Sedangkan paslon nomor 4, Handal-Brilian, meski hanya didukung tiga partai parlemen dan tiga partai nonparlemen, juga sangat optimis meraup dukungan besar warga Kota Probolinggo. Kekuatan figur menjadi andalan untuk meraih simpati masyarakat. “Suara dari parpol pendukung tidak sampai 10 persen. Dari data yang ada, mayoritas suara yang didapatkan dari figur pribadi,” kata Dodik Januardi, salah satu tim Handal Brilian.

Handal-Brillian diusung tiga parpol parlemen yakni PKB, Partai Demokrat, dan PKS, selain didukung tiga parpol non parlemen. Yakni, Partai Hanura, Perindo, dan Partai Berkarya. Meski parpol hanya menyumbang 10% suara, Handal Briliam yakin dukungan warga melesat di angka 70%.
“Karena kami yakin dengan figur yang kami usung, yang sangat disukai oleh warga Kota Probolinggo. Angka ini mengingatkan publik pada kemenangan paslon HM. Buchori-Bandyk Soetrisno pada Pilkada 2008 silam,” tandas Dodik. (fng/saw)