Lewat Mewarnai, Kapolresta dan Dandim Kenalkan Nasionalisme

908
Kapolres Probolinggo Kota dan Dandim 0820 Probolinggo saat membimbing anak-anak tentang nasionalisme dengan lomba mewarnai, Senin (20/8/2018). (Foto : Sundari AW)

Probolinggo (wartabromo.com) – Ada banyak cara yang dilakukan untuk menumbuhkan nasionalisme pada anak usia dini. Salah satunya adalah dengan lomba mewarnai untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Tujuannya membentuk karakter dan watak generasi penerus bangsa yang di mulai pada usia dini.

Senin (20/8/2018) pagi, puluhan anak – anak Taman Kanak-kanak (TK) se-Kota Probolinggo, mengikuti lomba mewarnai dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Probolinggo, Jalan Basuki Rahmad, Kota Probolinggo. Tujuannya, agar anak usia dini mencintai Indonesia, tidak salah arah dan tidak terpengaruh paham yang berbahaya.

Merekapun tampak sibuk dan asyik dengan pensil warna atau crayon miliknya. Anak-anak ini, berlomba – lomba mewarnai kertas berisikan gambar simbol-simbol Negara Republik Indonesia. Gambar yang diwarnai untuk lomba ini identik dengan NKRI, ada bendera, dan lainnya. Siswa tak perlu susah-susah menggambar, karena sudah disediakan panitia.

Tutornya pun sangat istimewa, yakni Kapolresta Probolinggo, AKBP. Alfian Nurrizal dan Dandim 0820 Letkol Kav Depri Rio Saransi.

“Bersama Dandim, Dinas terkait, kami ingin menanamkan jiwa Nasionalisme ke anak-anak, kemandirian serta gotong royong melalui lomba mewarnai simbol-simbol Negara Republik Indonesia ini. Sebab, di era digital seperti ini, para guru harus lebih peka dan jangan bosan untuk terus tanamkan Nasionalisme kepada anak-anak didik kita” terang Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal.

Senada dengan Kapolresta, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Kav Depri Rio Saransi, juga mengatakan hal yang sama. Pendidikan karakter tentang nasionalisme dan cinta NKRI, kepada anak-anak, menurutnya, perlu dikedepankan. Salah satunya dengan lomba mewarnai bertemakan nasionalisme.

“Kita harus bersama-sama menjaga keamanan Kota Probolinggo dan bertanggung jawab untuk menanamkan nilai pancasila dan nasionalisme khususnya ke anak – anak. Sebab, Kami TNI-POLRI merupakan garda paling depan dalam hal pengamanan Bangsa Indonesia. Semoga lomba ini memberikan dampak yang baik dan bermanfaat Khususnya di Kota Probolinggo,” kata Dandim. (saw/saw)