Harga Sapi Kurban di Probolinggo Kian Mahal

1548
Sapi kurban di Probolinggo.

Probolinggo (wartabromo.com) – Sehari menjelang Idul Adha, harga sapi untuk kurban di Probolinggo kian mahal. Besarnya permintaan, membuat pedagang menjual sapi dengan harga lebih tinggi.

Lonjakan harga jual sapi menjelang Hari Raya Idul Adha terlihat di pasar hewan Bucor Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, Selasa (21/8/2018).

Tercatat, harga sapi jantan naik antara satu sampai dua juta rupiah per ekor. Lonjakan harga secara bertahap sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

Menurut Bahrul, salah satu pedagang, lonjakan harga jual terjadi seiring tingginya permintaan sapi. Momentum Idul Adha dimanfaatkan pedagang untuk mengeruk keuntungan sebesar mungkin.

“Naik satu hingga dua juta per ekornya, tergantung sapinya. Biasanya dibeli oleh warga yang mau kurban. Ada juga pedagang yang membeli untuk dijual kembali,” tuturnya.

Umumnya, sapi yang banyak diminati adalah jenis sapi limousine, brangos, dan bakalan. Sapi-sapi itu dijual dengan kisaran harga antara Rp 12 juta sampai Rp 25 juta per ekor. Dengan harga tersebut, pembeli sudah bisa mendapatkan sapi berusia diatas 2 tahun dan layak untuk dijadikan hewan kurban.

Diungkapkan, stok sapi di daerah Probolinggo cukup melimpah dengan harga lebih murah dibanding daerah lain. Kondisi itu dimanfaatkan oleh pedagang untuk memenuhi kebutuhan sapi di luar daerah. Biasanya sapi-sapi ini dikirim ke Surabaya, Sidoarjo, Malang dan daerah Jawa Tengah dengan harga jual lebih tinggi.

Satu pedagang bisa mengirim 2 truk bermuatan sapi, masing-masing berisi 48 ekor. Intensitas pengiriman bisa 3 kali dalam sepekan.

“Bisa ke Surabaya, Madura bahkan luar pulau. Ya limusin, simental, bragus, dan sapi lokal,” ujar Muhamad Rifai, pedagang sapi antar pulau.

Berdasarkan data pengelola pasar, lonjakan jumlah transaksi jual beli sapi di pasar hewan Bucor naik 30 persen dibanding pekan-pekan sebelumnya. Jika biasanya maksimal 200 ekor sapi laku terjual, saat ini menembus 250 ekor sapi lebih per hari.

Di tengah perburuan hewan kurban, petugas pasar menghimbau agar warga cermat dalam membeli sapi. Pastikan usia sapi jantan sudah lebih dari dua tahun dan terhindar dari gangguan penyakit. (cho/saw)